Firdaus, Ibnu Hanif (2016) Integrasi nilai Islam dalam pembelajaran lmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MI Miftahul Huda Turen Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13760071.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang diajarkan di sekolah harus mampu menjawab tantangan bahwa pendidikan nilai Islam dapat diajarkan melalui pembelajarannya di kelas. Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) seharusnya tidak hanya diorientasikan pada penguasaan materi saja, tetapi perlu diubah terbuka menyentuh dimensi luas sehingga berkontribusi lebih besar dalam pendidikan nilai Islam di sekolah. Oleh sebab itu diperlukan suatu rumusan strategi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) yang mengintegrasikan nilai Islam pada topik-topik ilmu pengetahuan sosial (IPS) yang diajarkan. Adapun tujuan penelitian ini Pertama, Untuk mengetahui upaya integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran di MI Miftahul Huda Turen Malang. Kedua, Untuk mengetahui persiapan dan perencanaan guru dalam membuat program pengajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) yang berbasis nilai Islam di MI Miftahul Huda Turen Malang. Ketiga, Untuk mengetahui strategi pelaksanaan integrasi nilai Islam dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) di MI Miftahul Huda Turen Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan penelitian adalah kepala madrasah, guru koordinator bidang kurikulum, guru kelas IV, dan siswa di MI Miftahul Huda Turen. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan: (1) Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran di MI Miftahul Huda Turen Malang diupayakan melalui peneladanan dari kepala madrasah dan para guru, penterjemahan visi dan misi madrasah, serta pelaksanaan program-program pembelajaran yang bernuansa nilai Islam. (2) Sedangkan implementasi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) berbasis nilai Islam dilakukan dengan strategi yaitu: selalu menyebut nama Allah, penggunaan istilah, ilustrasi visual, aplikasi atau contoh-contoh, menyisipkan ayat atau hadits yang relevan, penelusuran sejarah, jaringan topik, dan simbol ayat-ayat kauniah. Dari penelitian ini teridentifikasi permasalahan yang muncul yaitu kesulitan untuk mencari dan mengelaborasi ayat-ayat Qur’aniyah dan hadits untuk memberi penegasan terhadap konsep ilmu pengetahuan sosial (IPS) yang diajarkan. Sehingga latar belakang guru sangat menentukan keberhasilan upaya penerapan pembelajaran ini. Guru dengan latar belakang dan wawasan keislaman yang baik akan secara mudah melakukan penerapan integrasi pembelajaran ini.
ENGLISH:
Social science subjects (IPS) as one of the science taught in schools must be able to answer the challenge that Islamic value education can be taught through learning in the classroom. Social science learning (IPS) should not only be oriented to the mastery of material, but it needs to be changed openly to touch the broad dimension so as to contribute more in Islamic value education in schools. It is therefore necessary to formulate a social science learning strategy (IPS) that integrates Islamic values on social science topics (IPS) taught. The purpose of this study First, To know the effort of integration of Islamic values in learning in MI Miftahul Huda Turen Malang. Second, To know the preparation and planning of teachers in making social science teaching program (IPS) based on Islamic values in MI Miftahul Huda Turen Malang. Thirdly, to know the implementation strategy of integration of Islamic values in social science learning (IPS) in MI Miftahul Huda Turen Malang.
This research uses qualitative approach. Data collection is done by interview, observation and documentation. The research informants are head of madrasah, teacher of curriculum field coordinator, fourth grade teacher, and students at MI Miftahul Huda Turen. After the data obtained then analyzed by data reduction, data presentation, and verification or conclusion. Based on the results of this study, it is found that: (1) The integration of Islamic values in learning in MI Miftahul Huda Turen Malang is pursued through the modeling of madrasah head and teachers, interpretation of vision and mission of madrasah, and implementation of learning programs with nuanced Islamic values. (2) While the implementation of social science-based learning (IPS) based on Islamic values is carried out with a strategy that is: always mention the name of Allah, use of terms, visual illustrations, applications or examples, insert relevant verses or hadiths, historical searches, and symbols of kauniah verses. From this study identified the problems that arise namely the difficulty to seek and elaborate the verses of Qur'aniyah and hadith to give affirmation to the concept of social science (IPS) is taught. So the background of teachers is very decisive success of the implementation of this learning. Teachers with good Islamic background and insight will easily implement this integration of learning.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. and Walid, Muhammad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Strategi; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS); Nilai Islam; Strategy; Social Science; Islamic Value | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2018 10:07 | |||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2018 10:07 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9916 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |