Hasanah, Ulfatul (2015) Pengaruh metode inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Turen Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13760059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan suatu ilmu teoritis, tetapi teori tersebut didasarkan atas pengamatan. IPA mempunyai ciri khas yaitu objektif, metodik, sistematik dan berlaku umum. Dengan sifat-sifat tersebut, maka orang yang selalu berhubungan dengan ilmu pengetahuan akan terbimbing sedemikian hingga padanya terkembangkan suatu sikap yang disebut sikap ilmiah yang salah satu dari sikap ilmiah tersebut adalah tidak percaya begitu saja pada suatu kesimpulan tanpa adanya bukti-bukti nyata. Namun dalam realitanya di sekolah, siswa selalu diberi pembelajaran dengan strategi konvensional yang dengan strategi tersebut siswa tidak berkembang dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar siswa berpengaruh. Menyikapi permasalahan di atas, perlu dikembangkan pendekatan ataupun metode yang tepat dan efektif. Metode Guided Inquiry sebagai salah satu pendekatan dan metode alternatif yang menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Beranjak dari permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah metode inkuiri terbimbing( Guided Inquiry) berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Turen Malang ?, 2) Apakah metode inkuiri terbimbing( Guided Inquiry) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Turen Malang ?
Tujuan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terbimbing ( Guided Inquiry) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Turen Malang. 2) Untuk mengetahui metode inkuiri terbimbing ( Guided Inquiry) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Turen Malang. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 72 siswa yang terbagi kedalam tiga rombongan belajar. Adapun sampel diambil berdasar tehnik purposive sampling yaitu pengambilan subyek bukan didasar atas strata random atau daerah tetapi didasarkan atas tujuan tertentu, maka dari itu penelitian ini mengambil sampel yaitu kelas IIIB yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIC yang juga berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes obyektif tipe pilihan ganda (multiple choice) dengan pilihan (option) yang digunakan untuk mengukur pengaruh hasil belajar siswa. Untuk hasil uji kesamaan rat-rata posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh data statistik dengan menggunakan program SPSS untuk menguji dua sampel independen diperoleh nilai Mann-Whitney, U-Test sebesar 9,5. nilai-nilai ini diperoleh dari jumlah rank terkecil. Untuk menguji perbedaan dari dua sampel dapat dilihat dari nilai Asmp. Sig (2-tailed) yang menunjukan nilai sebesar 0,000. Karena p-value data pretest < 0,05 maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok data eksperimen dengan data kontrol, Atau dengan kata lain, peningkatan pada kelas eksperimen berbeda signifikan dibandingkan dengan peningkatan nilai pada kelas kontrol.
ENGLISH:
Natural Science is a theoretical science, but the theory is based on observation. IPA has a characteristic that is objective, methodical, systematic and generally accepted. With such traits, then the person who is always in contact with science will be guided in such a way that it develops an attitude called scientific attitude that one of the scientific attitude is not just believe in a conclusion without any real evidence. But in reality in school, students are always given learning with conventional strategy with the strategy students do not develop in learning activities that can lead to student learning outcomes are influential. Responding to the above problems, it is necessary to develop an appropriate or effective approach or method. Guided Inquiry method as one of alternative approach and method that make learning more effective and fun which is expected to improve student learning outcomes in science subjects. Going from the above problem, then the formulation of the problem in this research is 1) Is the Guided Inquiry method has an effect on the students' learning outcomes in the Science Subject in Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Turen Malang, 2) Is the guided inquiry method (Guided Inquiry ) can improve student learning outcomes in science subjects in Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Turen Malang?
The purpose of the problem of this research are: 1) To know the influence of Guided Inquiry method to the learning result of science subjects in Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Turen Malang. 2) To know Guided Inquiry method can improve student learning outcomes in science subjects in Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Turen Malang. In this study the population is all students of class III which amounted to 72 students divided into three study groups. The samples were taken based on purposive sampling technique, the subject was not based on random or regional strata but based on a specific purpose, therefore this study took the sample of IIIB class which amounted to 25 students as experimental class and IIIC class which also amounted to 25 students as class control. The instrument used in this research is an objective test of multiple choice type with options used to measure the effect of student learning outcomes. For the result of equality test of posttest average in the experimental group and control group obtained statistical data by using SPSS program to test two independent samples obtained by Mann-Whitney, U-Test value of 9.5. these values are obtained from the smallest number of ranks. To test the difference of two samples can be seen from Asmp value. Sig (2-tailed) which shows a value of 0.000. Since p-value data is pretest <0.05 then H0 is rejected. This means that there is a significant difference between the experimental data group and the control data, or in other words, the increase in the experimental class is significantly different than the increase in the value of the control class.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin and Barizi, Ahmad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Metode Guided Inquiry; hasil belajar; IPA; Guided Inquiry Method; learning outcomes | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2018 10:07 | |||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2018 10:07 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9914 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |