Hasanah, Intan Akhiroti (2017) Implementasi pembelajaran tematik integratif pada kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kampungbaru Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13140030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran adalah proses interaktif melalui pengetahuan dan keterampilan yang dibagi bersama siswa. Dalam melaksankan proses pembelajaran, pendidik dan satuan pendidikan harus mengacu pada standar proses pendidikan terbaru yaitu diatur dalam peraturan kementrian pendidikan dan kebudayaan nomor 22 tahun 2016. Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kampungbaru sudah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan prosedural tetapi masih harus diperbaiki agar lebih pembelajaran yang ada di MIN Kampungbaru lebih maju dan semaki membaik
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Perencanaan Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif pada Kelas IV di MIN Kampungbaru Kabupaten Nganjuk (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif pada Kelas IV di MIN Kampungbaru Kabupaten Nganjuk (3) Mendeskripsikan Penilaian Pembelajaran Tematik Integratif pada Kelas IV di MIN Kampungbaru Kabupaten Nganjuk (4) Mendeskripsikan hambatan yang dialami guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian Pembelajaran Tematik Integratif pada Siswa IV di MIN Kampungbaru Kabupaten Nganjuk
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan peneliti menjadi instrumen kunci penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data. Analisis data mengunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, data display dan kesimpulan
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Pembelajaran tematik integratif yang dilakukan guru sudah sesuai standar proses pendidikan dengan membuat prota, promes, silabus dan RPP sebelum proses pembelajaran dilaksanakan tetapi pada pembuatan RPP guru masih Mengambil dari dari internet dan dilakukan pengeditan sesuai dengan kedaan siswa dikelas (2) Pelaksanaan pembelajaran tematik integratif yang dilakukan guru yaitu kegiatan awal, kegiatan inti menggunakan 5 M dan kegiatan penutup (3) Penilaian pembelajaran tematik integratif guru hanya menggunakan penilaian lembar pengamatan dan tes tulis (4) Hambatan yang dialami guru pada saat perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik intergatif yaitu kurang lengkapnya media pembelajaran dan sumber belajar, alokasi waktu terbatas,guru masih bingung dalam pembuatan RPP serta guru belum mampu dalam pembuatan penilaian
ENGLISH:
Learning is an interactive process through knowledge and skill that are shared with students. In excute process of learning, educations and educators units should refer to the latest standard of the educational process that it set fourth in the regulations of the ministry of education and culture number 22 year 2016. State Islamic Elementary School Kampungbaru as the object of research in this study.
The research aims to (1) Describe the planning of the implementation od thematic integrative study fourth grade at state islamic elementary school Kampungbaru Nganjuk Regency (2) Describe the realization of the thematic study implementation on fourth grade of state islamic elementary school Kampungbaru Nganjuk Regency (3) Descibe the assessment thematic integrative study on fourth grade state islamic elementary school Kampungbaru Nganjuk regency (4) Describe the barriers experienced by teachers in the planning, implementation, and assessment of integrative thematic learning of students of fourth grade of state islamic elementary school Kampungbaru Nganjuk regency.
This study used qualitative descriptive method and the researcher as the instrument of the research for collecting the data, interviews and documentation with the tehnique of triangulation to test the validity of the data. Data analysis using Mills and Huberman as the name theory is the reduction of data, data display and conclusion.
The result showed data (1) Planning the thematic integrative learning is conducted by the teacher that are appropiated with standard educational process by making the prota, promes, syllabus before learning process in otherwise, the teacher still fake from the internet and it will be done by editing with the students condition appropiately (2) The implemetation of thematic integrative that is conducted by the teacher there are the first activity, main activity using 5 M and dosing activity (3) The matic integrative assessment from the teacher using only assessment of monitoring sheets and writing test. (4) The barriers experience that is done by the teacher when planning implementing and learning assessment of thematic integartive there are the learning media that is not complete and the learning resources time allocation which is limited and the teacher still confused and have not able to make the RPP and assessment implementation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran; Pembelajaran Tematik Integratif; Learning, Thematic Integrative Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2018 14:08 | ||||||
Last Modified: | 14 Mar 2018 14:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9882 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |