Upaya penciptaan lingkungan ramah anak di Kelurahan Sukun Malang Perpektif Undang-Undang no 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak

Ansori, Ali Rahman (2017) Upaya penciptaan lingkungan ramah anak di Kelurahan Sukun Malang Perpektif Undang-Undang no 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13210178.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Di kelurahan sukun merupakan lingkungan yang padat penduduk banyak anak-anak kecil. Banyak masyarakat di daerah sukun yang awalnya mengeluhkan karena tidak ada ruang bermain dan tempat belajar untuk anak dan anak-anak sekarang banyak yang bermain dirumahnya dengan gadgednya, main game jauh dari rumahnya, banyak anak-anak yang salah pergaulan, kita tidak tau konten apa yang mereka serap dari fasilitas tersebut, itu semua dikarenakan kurang pedulinya orang tua, masyarakat maupun keluarganya terhadap anak-anaknya. Maka dari itu, penulis membuat dua rumusan masalah; yang pertama, bagaimana konsep lingkungan ramah anak dikelurahan sukun malang, yang kedua, bagaimana implementasi pengadaan lingkungan ramah anak dalam perspektif undang-undang no 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian empiris atau penelitian lapangan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan yakni data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam metode pengolahan data peneliti menggunakan tahapan editing, classifying, verifying, analyzing dan concluding.

Lingkungan ramah anak yang dibuat oleh ketua RW III menciptakan lingkungan yang pembelajaranya aktif, kreatif dan menyenangkan. Tersedianya ruang baca dan tempat bermain membuat anak-anak dapat belajar dengan santai dan menyenangkan seperti anak-anak disuruh melukis, bercerita, mendongeng dan diskusi, ini dilakukan agar anak-anak cara berfikirnya berkembang untuk menghasilkan kreativitas yang baik. Inilah peran yang di lakukan masyarakat, sebagaimana diatur dalam pasal 25 kewajiban dan tanggung jawab masyarkat tehadap perlindungan anak dilaksanakan melalui kegiatan peran masyarakat dalam menyelenggarakan perlindungan anak

ENGLISH:

The child friendly environment at Sukun Malang has a convenient concept for child protection. Many people in urban areas and districts who do not understand that children is very important to be learned early for the better nation generation. Today, children are playing in their homes with gadgets, playing games are away from home, many children are wrong association, we do not know what content they absorbed from the facility, it's all due to lack of care of parents, community and family against the children. So, the writer made two of formulation problems, first how is the concept of children friendly environmental in Sukun village of Malang, second how is the implementation of supplying children friendly environmental in the perspective of law 35th 2014 about children protection.

This research was included in empirical research or field research. In this research, the researcher used a contribution qualitative approach to the first formulation and views for the second formulation. The data source used primary and secondary data. Data collection methods consisted of interviews and documentation. While in method of data processing, researcher used stages of editing, classifying, verifying, analyzing and concluding.

Based on the results of the research showed that the child friendly environment that was created by the head of RW III and the urban village of sukun malang has not cooperated the government. Learning of this system built the creativity of children in interacting with the environment, with their friends and mentors. This learning was done in a relaxed and fun way such as painting, storytelling and discussion to develop way of thinking and to produce good creativity. In addition, in child friendly environment was available playground and reading room, this activities have been done every afternoon such as reading in the small library, playing and hanging out with friends.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhriah, Erfaniah
Keywords: Lingkungan Ramah Anak; Peran Masyarakat; Undang-Undang Perlindungan Anak; Child Friendly Environment; Community Role; Child Protection Law
Departement: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Afib Rif'an Nashruddin
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:52
Last Modified: 15 Mar 2018 03:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9855

Actions (login required)

View Item View Item