Naufal, If'alul (2017) Pengaruh penerapan pendekatan saintifik dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130121.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Menciptakan iklim pembelajaran aktif dan bermakna membutuhkan peran guru yang mampu mengelola pembelajaran seefektif mungkin sehingga peserta didik aktif bertanya, mempertanyakan, mengemukakan pendapat, berdiskusi, berpikir aktif dan kritis terutama memacu motivasi belajar peserta didik. Apabila suasana kelas menyenangkan peserta didik akan bersemangat mengikuti proses pembelajaran. Kondisi ideal seperti inilah yang diharapkan oleh guru sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Selain menguasai materi pelajaran guru harus memiliki keterampilan mengajar karena berdampak pada motivasi belajar peserta didik. Selain itu, menciptakan aktivitas pembelajaran dibutuhkan guru yang inovatif dan kreatif agar peserta didik dapat mengembangkan potensinya melalui pengalamannya dari belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan pendekatan saintifik dan kreativitas guru Terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Candi Sidoarjo. Pengaruh yang ingin diketahui peneliti yaitu pengaruh variabel penelitian baik secara parsial maupun secara simultan.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode angket (kuisioner). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Candi Sidoarjo dengan jumlah 169 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda.
Hasil dari uji linier berganda diperoleh: (1) ada pengaruh antara pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,242 atau 24,2% (2) ada pengaruh antara kreativitas guru terhadap motivasi belajar sebesar 0,111 atau 11,1% (3) hasil uji simultan antara variabel bebas terhadap veriabel terikat menggunakan uji F menghasilkan nilai (Fhitung 21,218 > Ftabel 3,05 dengan tingkat signifikan 0,000). Jadi dapat disimpulkan bahwa ho ditolak dan ha diterima, dan dapat dinyatakan bahwa variabel bebas penerapan pendekatan saintifik dan kreativitas guru mempunyai pengaruh terhadap variabel motivasi belajar siswa baik secara parsial maupun secara simultan.
ENGLISH:
Creating an active and meaningful learning situationneeds the role of teachers who are able to manage the learning as well as possible to be active inasking, question, expressing the opinions, discussing, thinking actively and critically to motivate learners. The confortable classroom atmosphere will follow the learning process spiritually. The ideal conditionis expected by the teacher, so the learning objectives can be achieved. The teachers also should have the skills because it affects the motivation of the learners. In addition, creating learning activities requires innovative and creative teachers so that learners can develop the potential through the learning experiences.
The research aimed atdetermining the influence of the application of scientific approache and the creativity of teachers against Student’s Motivation of Class VIII of Social ScienceLessonat Public Junior High School 1 Candi of Sidoarjo and the influence of research variables partially and simultaneously.
The research was a correlational research by using a quantitative approach. Data collection method used questionnaire method. The subject of this research was the students of class VIII at Public Junior High School 1 Candi of Sidoarjowith the number of 169 students. Data analysis used descriptive statistics and multiple linear regression.
The results of multiple linear test were obtained: (1) there was the influence of scientific approach against student's learning motivation, namely 0,242 or 24,2% (2) there was influence of teacher’s creativity against learning motivation, namely 0,111 or 11,1% (3) the test results simultaneously of the independent variable against the dependent variable that were using the F test resulted a value (Fcount 21.218> Ftable 3.05 with a significant level of 0.000). So, it can be concluded that h0was rejected and hawas accepted, and it can be stated that the independent variable of the application of scientific approach and creativity of teachers had an influence on the student’s learning motivation variable partially and simultaneously
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan Pendekatan Saintifik; Kreativitas Guru; Motivasi Belajar; Application of Scientific Approach; Teacher’s Creativity; Learning Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Isvina Unaizahroya | ||||||
Date Deposited: | 18 Apr 2018 14:20 | ||||||
Last Modified: | 18 Apr 2018 14:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9844 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |