Laily, Nur Nisfu (2017) Optimalisasi variasi gaya belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VII di SMPN 6 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130147.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Tipe belajar atau gaya belajar siswa berdasarkan sejumlah penelitian terbukti penting untuk diketahui guru. Setiap siswa memiliki gaya belajarnya sendiri, diumpamakan seperti tanda tangan yang khas bagi dirinya sendiri. Namun kebanyakan pada saat ini gaya mengajar guru yang masih monoton dan kurang sesuai dengan gaya belajar siswa, sehingga siswa merasa jenuh dan kurang termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran dan pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa peran guru sangatlah penting dalam melakukan pembaharuan atau perubahan gaya mengajar dari yang monoton menjadi gaya mengajar yang bervariasi yang menyesuaikan dengan variasi gaya belajar siswa. Berangkat dari latar belakang itulah, peneliti bermaksud membahas tentang optimalisasi variasi gaya belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VII di SMPN 6 Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui peran guru dalam mengoptimalisasikan variasi gaya belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VII di SMPN 6 Malang, (2) mengetahui variasi gaya belajar siswa kelas VII di SMPN 6 Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument kunci yaitu peneliti sendiri. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran guru dalam mengoptimalisasikan variasi gaya belajar siswa itu dengan cara memberikan motivasi dan memberikan variasi pada cara mengajarnya agar tidak monoton seperti dengan menggunakan berbagai macam metode pembelajaran yang berbeda-beda disetiap mengajarnya misalnya dengan problem solving, diskusi dll akan tetapi tetap menyesuaikan dengan gaya belajar siswa yang ada tiga (visual, auditory, kinestetik) itu harus tercakup semuanya sehingga siswa merasa senang dan tertarik ketika mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas sehingga bisa meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri, (2) variasi gaya belajar siswa kelas VII di SMPN 6 Malang itu ternyata lebih banyak visual (melihat) namun guru selalu memberikan variasi yang menggunakan pendengaran dan kinestetiknya agar semua gaya belajar siswa dapat terpenuhi.
ENGLISH:
The learning style of the students based on a number of studies had been proved important to be know for teachers. Each student has his own learning style, likened to an unique signature. But, most of the current teaching styles of teachers are still monotonous and inappropriate with student learning styles, so, students feel bored and less motivated to follow the learning process and will affect the learning outcomes. Therefore, in an effort to improve student learning outcomes, the role of teachers is very important, as well as the teacher's attempt to renew or change the teaching style from the monotonous to the varied teaching styles that adjust to the variation of student learning styles. from that background, researcher intended to discuss about optimizing the variations of student Learning Styles to improve Student Learning outcomes of (Social Science) IPS of Class VII at SMPN 6 Malang.
The purpose of this research was to: (1) know the role of teachers in optimizing the variation of student’s learning styles to increase the social science learning outcomes of grade VII at SMPN 6 Malang, (2) know the variation of student’s learning style of grade VII students at SMPN 6 Malang
To achieve the objectives above, used a qualitative approach with the type of descriptive research, the data collection techniques used observation, interviews, and documentation. The key instrument was the researcher. The data were analyzed by reducing irrelevant data, exposing the data and drawing conclusions.
The research results showed that: (1) the role of teacher in optimizing the variation of student's learning style by giving motivation and giving variation on the way of teaching by using various learning method, such as problem solving, discussion etc. but adjusted to the three student learning styles (visual, auditory, kinesthetic), it should be covered all the way of learning, so that students felt happy and interested in following the learning process, and it can improve student’s learning outcomes, (2) the variation of learning style of class VII at SMPN 6 Malang often used visual but the teacher given variations that used visualization and kinesthetic so that all student learning styles can be fulfilled well
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susilawati, Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Variasi Gaya Belajar; Hasil Belajar; Variation of Learning Styles; Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Arsyadillah Arsyadillah | ||||||
Date Deposited: | 18 Apr 2018 11:08 | ||||||
Last Modified: | 18 Apr 2018 11:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9827 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |