Ismail, Bayu Mochtar (2017) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat siswa melanjutkan studi keperguruan tinggi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kandangan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130083.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan sangatlah dibutuhkan didalam era globalisasi ini. Pengetahuan perlu di tambah, di perbaharui, di sesuaikan dengan kemajuan pengetahuan dan teknologi. Perguruan Tinggi memberikan peluang bagi peserta didik untuk bisa mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melanjutkan keperguruan tinggi diawali dari adanya rasa minat dan kebutuhan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi minat melanjutkan studi keperguruan tinggi diantaranya yaitu status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya. Apabila lingkungan teman sebaya baik dan status sosial ekonomi orang tua tergolong dalam menengah keatas, maka minat siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi semestinya tinggi. Akan tetapi kenyataannya di SMA Negeri 1 Kandangan siswa yang status sosial orang tuanya dari kalangan menengah kebawah cenderung lebih berminat melanjutkan studi keperguruan tinggi dibandingkan dengan siswa yang status sosial orang tuanya berada pada tingkat menengah keatas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kandangan melanjutkan studi keperguruan tinggi. Pengaruh yang ingin diketahui peneliti yaitu pengaruh variabel penelitian baik secara parsial maupun secara simultan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode angket (koesioner). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kandangan dengan jumlah 149 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan statistik dan regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif signifikan terhadap minat siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kandangan melanjutkan studi keperguruan tinggi yang ditunjukan dengan Thitung 2,245 > Ttabel 1,98. (2) Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif signifikan terhadap minat siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kandangan melanjutkan studi keperguruan tinggi yang ditunjukkan dengan Thitung 3,527 > Ttabel 1,98. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kandangan melanjutkan studi keperguruan tinggi yang ditunjukan dengan Fhitung 8,159 > Ftabel 3,08.
ENGLISH:
Education is needed in this globalization era. Knowledge should be added, updated, adapted to advance knowledge and technology. Higher Education institute provides the opportunities for learners to be able to develop their science and technology. Continuing to the high education starts from the sense of interest and the need to develop the science. External factors that influence the interest of continuing high-level study of college such as, the socio-economic status of parents and the environment of peers. If the environment of peers is good and the socioeconomic status of the parents belongs to the middle and upper, then the interest of the students to continue their study to the college should be high. However, the fact in SMA Negeri 1 Kandangan students who have the social status of their parents from the middle to lower, they tend to be more interested in continuing high-school studies compared with students whose parents' social status is at the middle level upwards.
This study aims to determine the magnitude of the influence of socioeconomic status of parents and the environment of peers against the interest of students of XI-IPS class at SMA Negeri 1 Kandangan to continue the high-level study. The influence that the researcher wants to know is the influence of research variables either partially or simultaneously.
This research is correlation-descriptive researches which use a quantitative approach. The data collection method used is questionnaire method. The subjects of this study are all the students of XI-IPS class at SMA Negeri 1 Kandangan with the number of 149 students. The data analysis used in this research is multiple linear statistic and regression.
The results of this study indicate that, (1) the socioeconomic status of the parents has a significant positive effect on the interest of the students of XI-IPS class at SMA Negeri 1 Kandangan to continue the study in higher education that is showed by tcount 2,245 > Ttabel 1,98. (2) Peer environment has a significant positive effect on the interest of the students of XI-IPS class at SMA Negeri 1 Kandangan to continue the study of higher education that is showed by tcount 3,527> Ttabel 1,98. (3) There is a significant positive influence between the socioeconomic status of parents and the peer environment to the students’ interest in XI-IPS class of SMA Negeri 1 Kandangan continued study of higher education that is showed by Fcount 8,159 > Ftabel 3,08.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orang Tua; Lingkungan Teman Sebaya; Minat Siswa Melanjutkan Studi Keperguruan Tinggi; Socioeconomic Status of Parents; Peers Environment; Students’ Interest in Continuing the Higher Education Studies | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | fyanka noor | ||||||
Date Deposited: | 18 Apr 2018 11:05 | ||||||
Last Modified: | 18 Apr 2018 11:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9824 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |