Fitria, Saida (2017) Upaya guru ekonomi dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan kewirausahaan pada siswa SMAS Islam YKHS Sepulu Bangkalan Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Belum terealisasinya pendidikan kewirausahaan ditingkat sekolah disebabkan minimnya sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai, sehingga peserta didik tidak dapat menggali dan mengembangkan keterampilan/skill sebagai pengetahuan. Namun kenyataannya, dalam sistem pembelajaran belum sepenuhnya memasukkan nilai-nilai kewirausahaan. Jadi hal ini perlu adanya penyelesaian salah satunya menanamkan pendidikan kewirausahaan kedalam mata pelajaran ekonomi untuk menumbuhkan budaya wirausaha di lingkungan sekolah. Untuk itu upaya guru ekonomi dalam menginternalisasikan nilai-nilai kewirausahaan melaui pembelajaran ekonomi diperlukan untuk membekali, membimbing, dan mengarahkan generasi yang akan datang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan upaya guru dalam menyusun program pendidikan nilai-nilai kawirausahaan pada siswa SMAS Islam YKHS Sepulu Bangkalan Madura. (2) Mendeskripsikan proses upaya guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan kawirausahaan pada siswa SMAS Islam YKHS Sepulu Bangkalan Madura. (3) Mendeskripsikan hambatan dan penanggulanngan guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan kawirausahaan pada siswa SMAS Islam YKHS Sepulu Bangkalan Madura.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya guru dalam menyusun program pendidikan nilai-nilai kawirausahaan pada siswa SMAS Islam YKHS Sepulu Bangkalan Madura antara lain: mengacu pada Silabus untuk membuat RPP, pendidikan kewiusahaan terpadu dalam kegiatan ektrakulikuler, program kewirausahaan yakni koperasi siswa, pendidikan kewirausahan melalui pengembangan diri dan pengintegrasian pendidikan kewirausahaan melalui muatan lokal. (2) upaya proses guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan kawirausahaan pada siswa SMAS Islam YKHS Sepulu Bangkalan Madura yakni menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan ke wirausahaan ke semua mata pelajaran khususnya ekonomi dan muatan lokal, kegiatan pembelajaran ekonomi ada 3 tahap internalisasi nilai kewirausahaan kepada siswa, menyampaikan materi pelajaran guru menggunakan metode diskusi, kemudian menilai internalisassi guru melakukan pengamatan selama pembelajaran berlangsung. (3) Hambatan guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan kawirausahaan adalah cara berpikir siswa dan saran prasarana. Adapun penanggulangan yaitu memberikan motivasi dengan tujuan mengubah cara pandang siswa dan sarana prasarana yang perlu ditingkatkan dan dibenahi dengan sebaik-baiknya.
ENGLISH:
The entrepreneurship education that has not been realized yet at school are caused by several factors, the minimum facilities of the school which make the students cannot develop the skills they have. In fact, in teaching and learning process the entrepreneurship education values are not covered yet. Thus, the internalization of entrepreneurship values especially at economics subject is needed in order to enhance the entrepreneurship culture at school’s around. Therefore, the economics teacher’s effort to internalize the entrepreneurship values is truly needed to guide the next generation.
This study is aimed to: (1) Describe the teacher’s effort in arranging the entrepreneurship values education program to the students at Islamic Senior High School YKHS Sepulu Bangkalan Madura. (2) Describe the teacher’s process effort to internalize entrepreneurship education values to the students at Islamic Senior High School YKHS Sepulu Bangkalan Madura. (3) Describe the problems and the solving of the teacher to internalize entrepreneurship education values to the students at Islamic Senior High School YKHS Sepulu Bangkalan Madura.
This present study utilizes qualitative approach by using descriptive types. The data collection techniques which are used are; interview, observation, and documentation. In this present study, the researcher uses data reduction, data display, and conclusion drawing/ verification.
The result of this study shows that: (1) The teacher’s efforts in arranging the entrepreneurship education values to the students at Islamic Senior High School YKHS Sepulu Bangkalan Madura are; the lesson plan are already in accordance with the syllabus, the integrated entrepreneurship education already covered in extracurricular activities, the entrepreneurship program that is student’s cooperation, the entrepreneurship education through student’s self-development and integrated entrepreneurship education through local subject. (2) The teacher’s process effort to internalize entrepreneurship education values to the students at Islamic Senior High School YKHS Sepulu Bangkalan Madura are; internalize the entrepreneurship education values to all subjects especially economics and local subject, there are three stages of internalization of entrepreneurship education values to the students those are; explains the materials to the students by using discussion method, then to assess the internalization, the teacher do an observation while the teaching and learning process on going. (3) the problems faced by the teacher to internalize the entrepreneurship education values are the student’s perception and the facilities of the school. The solving is by giving such motivations in order to change the student’s perception and the facilities of the school that need to be repaired.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Ekonomi; Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Kewirausahaan; Economics Learning; Internalization of Entrepreneurship Education Values | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Nuroniatul Khusnia | ||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2018 14:38 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2018 14:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9807 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |