Firdaos, Asep (2017) Pengembangan media pembelajaran geografi (materi penginderaan jauh) berbasis Autoplay dan Google Maps dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan media pembelajaran berbasis Autoplay dan Google Maps pada mata pelajaran geografi materi pengindraan jauh merupakan salah satu alat untuk kegiatan pembelajaran agar siswa tidak bosan dengan media yang biasa digunakan oleh guru yang terlalu menoton, sehingga diharapkan guru dapat lebih inovatif dalam mengemas materi pelajaran yang lebih menarik.
Tujuan peneliti mengembangkan media pembelajaran ini adalah: (1) Mengetahui spesifikasi produk pengembangan media pembelajaran geografi berbasis Autoplay dan Google Maps, (2) Mengetahui tingkat kelayakan pengembangan media pembelajaran geografi berbasis Autoplay dan Google Maps, (3) Mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran geografi berbasis Autoplay dan Google Maps.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development). Untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran geografi berbasis Autoplay dan Google Maps diadopsi dari model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari (1) tahap persiapan dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) tahap pengembangan produk, (4) tahap uji coba produk, (5) revisi, (6) tahap uji coba lapangan, (7) tahap penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Sedangkan subjek penelitian adalah dosen, guru, dan siswa kelas XII J-5 IPS SMA Negeri 3 Malang.
Hasil pengembangan ini terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang didasarkan pada hasil yang didapat dari validator ahli materi geografi 92%, ahli desain media pembelajaran 75 %, guru mata pelajaran geografi 96 %, uji coba produk 61%, dan uji coba lapangan 85%. Adapun peningkatan hasil belajar ditunjukan analisis data hasil belajar pre-test dan post-test dari hasil uji-t dapat diputuskan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, karena thitung (4,33) lebih besar dari ttabel (1,705). Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman siswa kelas XII J-5 IPS SMA Negeri 3 Malang yang menggunakan media pembelajaran geografi berbasis Autoplay dan Google Maps sehingga layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
ENGLISH:
Learning development concerned on Autoplay and Google Maps in Geography as a subject in remote sensing is one learning instrument in order to make students are well motivated with the media that teachers usually use. Therefore, teachers are expected to be more innovative to give fresh and interesting materials.
The aims of the researcher in developing this learning media is to; (1) know specification of Geographical learning media concerned in Autoplay and Google Maps, (2) know the qualification grade of Geographical learning media concerned in Autoplay and Google Maps, (3) know the effectiveness of learning media use concerned in Autoplay and Google Maps.
The development model used in this research is Research and Development. This method used to produce Geographical learning media concerned in Autoplay and Google Maps which is adopted from Borg and Gall�s development method which consists of; (1) preparation and data collection, (2) planning, (3) product development, (4) product trial, (5) revision, (6) field trial, (7) product completion.
The subject of this research is lecturers, teachers, and J-5 3rd grade students of SMA Negeri 3 Malang.
The development is effectively approved to increase students� learning result based on 92% as the result which is taken from the validator as the geography expert, 75% from the expert of learning media design, 96% from geography teachers, 61% from product trial, 85% from field trial. The increase of the students� leaning result based on pre-test and post-test as learning process assessment from T-test shows that H0 was rejected and H1 is approved since t-count (4,33) which is bigger from t-table (1,705). This result shows that difference appears in significant towards J-5 3rd students of SMA Negeri 3 Malang�s comprehension in using Autoplay and Google Maps as learning media which is qualified to use in teaching and learning activities.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Purwita, Ninja Panju | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran;Autoplay;Google Maps;dan Geografi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fikria Zahara Rifqi | ||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2018 14:29 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2018 14:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9806 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |