Asrori, Ahmad Syihabuddin (2017) Pengaruh kesejahteraan sosial dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru MAN Sumberoto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam dunia pendidikan, sumber daya manusia yang berkualitas sangatlah dibutuhkan dalam upaya meningkatkan kualitas dari suatu pendidikan. Salah satu unsur yang memiliki hubungan sangat dekat dengan peserta didik dalam pelaksanaan pendidikan adalah guru. Berbicara tentang guru di Indonesia,masih banyak suara-suara yang mengatakan bahwa profesi guru masih jauh dari sejahtera, yang mengakibatkan turunnya kinerja mereka. Disisi lain peningakatan mutu dari para guru sangatlah diperlukan dalam dunia pendidikan. Di lapangan terlihat tidak sedikit guru yang belum memenuhi standar komptensi sebagaimana diharapkan, khususnya kompetensi pedagogik. Banyak guru yang tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan mengelola peserta didik.Inilah alasan kenapa guru harus memliki kompetensi pedagogik dalam mengajar untuk menciptakan peserta didik yang berkualitas.
Tujuan umum dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kesejahteraan sosial terhadapa kinerja guru, pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru, serta pengaruh antara kesejahteraan guru dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru.
Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif kausif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan regresi linier berganda, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kesejahteraan sosial berpengaruh positif signifikan dengan kinerja guru dengan nilai thitung (2,280) > ttabel (2,042) dan nilai signifikansinya 0,029 < 0,050, (2) kompetensi pedagogik berhubungan positif signifikan dengan kinerja guru dengan nilai thitung(2,069) > ttabel(2,042) dan nilai signifikansinya 0,046 < 0,05, (3) hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari variabel kesejahteraan sosial dan kompetensi guru terhadap kinerja guru dengan nilai Fhitung(5.092) > Ftabel(3,28) dan nilai signifikansinya 0,012 < 0,05.
Kesimpulan bahwa ada pengaruh dari kesejahteraan sosial terhadap kinerja guru, ada pengaruh dari kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru, dan ada pengaruh antarakesejahteraan sosial dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru MAN Sumberoto.
ENGLISH:
In the world of education, qualified human resources are needed in the effort to improve the quality of education. One of the elements that has a very close relationship with learners in the implementation of education is teacher. Speaking of teachers in Indonesia, there are still many voices saying that the teaching profession is far from prosperous, it results in the decline of their performance. On the other hand the enhancements to the quality of teachers is needed in the world of education. In the field it seems a few teachers do not meet the standards of competency as expected, particularly the pedagogical competency. Many teachers do not have the knowledge and skills to manage learners. This is why the teacher must possess the pedagogical competency in teaching the learners to create quality.
The general purpose of this research was to find out the influence between social welfare to teacher’s performance, the influence of pedagogical competency on teacher’s performance, and the influence between teacher’s welfare and pedagogical competency on teacher’s performance.
This study used a quantitative research approach with descriptive causive quantitative research. Data collection techniques used were documentation, questionnaires and observations. The data were analyzed using multiple linear regression, data presentation and drawing conclusions.
The results showed that: (1) social welfare had significant positive effect to the teacher’s performance with tcount (2.280)> ttable (2.042) and the significance value of 0.029 <0.050, (2) the pedagogical competencywas positively associated significantly with the performance of teachers with tcount (2.069)> ttable (2,042) and the significance value of 0.046 <0.05, (3) the results of multiple linear regression showed that there was a positive effect of social welfare variables and competency of teachers on teacher’s performance with Fcount (5092)> Ftable (3.28) and the significance value of 0.012 <0.05. The conclusion was that there was influence of social welfare on teacher’s performance, there was influence of pedagogical competency on teacher’s performance, and there was influence between social welfare and pedagogical competency on teacher’s performance of MAN Sumberoto.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kusumadyahdewi, Kusumadyahdewi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kesejahteraan Sosial; Kompetensi Pedagogik; Kinerja Guru | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fikria Zahara Rifqi | ||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2018 13:44 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2018 13:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9803 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |