Safitri, Yuliyana Eka (2017) Pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran tematik terhadap keaktifan siswa di SD Negeri 02 Sumber Tengah Bungatan Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kreativitas guru merupakan proses menentang ide-ide dan cara-cara melakukan hal-hal yang sudah diterima untuk menemukan solusi-solusi atau konsep-konsep baru. Aktif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti giat (bekerja, berusaha) dan “mengaktifkan” memiliki makna menjadi aktif, dan menggiatkan. Aktif merupakan keikutsertaan berpola, giat, lincah. Aktif digunakan dalam berbagai aspek, seperti pendidikan. Dikatakan belajar aktif apabila memiliki beberapa indikator.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk menjelaskan Kreativitas Guru di SD Negeri 02 Sumber Tengah Situbondo, (2) Untuk menjelaskan keaktifan siswa di SD Negeri 02 Sumber Tengah Situbondo,(3) Menjelaskan pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran tematik terhadap keaktifan siswa di SD Negeri 02 Sumber Tengah Situbondo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dituntut menggunakan angka mulai pengambilan data hingga penampilan dari hasilnya dan bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antar variabel yang diteliti. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengungkap Kreativitas Guru dan kekatifan siswa yang dipersepsikan siswa. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah distribusi frekuensi dan analisis regresi linier sederhana, dan untuk menguji seberapa besar pengaruhnya adalah uji t dan uji f.
Dari hasil penelitian secara analisis bahwa kreativitas guru di SD Negeri 02 Sumber Tengah Situbondo kategori sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan presentasi hasil angket yang telah diuji dengan prosentase sebesar 44% dan untuk kategori tinggi dengan prosentase sebesar 30%. Sedangkan untuk keaktifan siswa di SD Negeri 02 Sumber Tengah Situbondo dikategorikan tinggi, hal ini dilihat dari prosentase sebesar 42% dan untuk kategori sangat tinggi sebanyak 22%. Hasil analisis product moment menunjukkan korelasi sebesar 0,567 dengan sig= 0,000. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh positif yang signifikan tentang kreativitas guru dalam pembelajaran tematik terhadap keaktifan siswa di SD Negeri 02 Sumber Tengah Situbondo.
ENGLISH:
Teacher creativity is a process of opposing ideas and ways of doing things that have been accepted to find new solutions or concepts. Active in Big Dictionary of Indonesia means enterprising (working, (bekerja) and " mengaktifkan " has the meaning of being active. Active is the participation of patterned, enterprising, and agile. Active Is used in various aspects, such as education. It is said to be active learning if it has several indicators.
The purposes of this research were to: (1) explain teacher's creativity at Public elementary School 02 of Sumber Tengah Situbondo, (2) explain the students' activity at Public elementary School 02 of Sumber Tengah Situbondo, 3) To explain the influence of teacher's creativity in thematic learning against the student's activity at Public elementary School 02 of Sumber Tengah Situbondo.
The approach used a quantitative approach with the type of correlational research, the research that was required to use the number of data collection to the appearance of the results and aimed to find the relationship between variables. In this research, the instrument used a questionnaire to reveal the Creativity of Teachers and the activity of students. The data analysis used frequency distribution and simple linear regression analysis, and to test how big the influence by using t test and f test.
The results of the research analysis showed that the creativity of teachers at Public elementary School 02 of Sumber Tengah Situbondo was very high category. This was evidenced by the presentation of a questionnaire that had been tested with a percentage of 44% and for high category was with a percentage of 30%. As for the activity of students at Public elementary School 02 of Sumber Tengah Situbondo was categorized high, it was seen from the percentage of 42% and for very high category was as much as 22%. The results of product moment analysis showed the correlation of 0,567 with sig = 0,000. The conclusion was that there was a significant positive effect on the teacher creativity in thematic learning against the student activity at Public elementary School 02 of Sumber Tengah Situbondo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kreativitas Guru; Keaktifan Siswa; The Teacher Creativity; The Student Activity | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Ismail Alim Prayogi | ||||||
Date Deposited: | 31 Mar 2018 15:54 | ||||||
Last Modified: | 31 Mar 2018 15:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9796 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |