Rojak, Adi Irpan (2017) Implementasi perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah swasta: Studi multisitus di MA An-Nur Bululawang dan MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15710012.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dunia pendidikan Indonesia saat ini memiliki tantangan dalam mencetak lulusan yang berkualitas dan berkepribadian unggul, yang memiliki daya saing baik kancah nasional maupun internasional. Dalam menyelesaikan problem ini, madrasah dapat melakukan beberapa strategi untuk meningkatkan mutu pendidikannya diantaranya yaitu dengan cara implementasi perencanaan strategis.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis proses penyusunan perencanaan strategis, 2) Menganalisis strategi implementasi perencanaan strategis, 3) Menganalisis evaluasi dan implikasi implementasi perencanaan strategis terhadap mutu pendidikan di MA An-Nur Bululawang dan MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan rancangan multisitus dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Penyusunan perencanaan startegis melalui 2 tahap yaitu: a) analisis lingkungan internal dan eksternal dengan menggunakan SWOT analisys, melibatkan stakeholders, mengkaji faktor-faktor yang mepengaruhi mutu madrasah, menjaring informasi kondisi madrasah saat ini dan kedepannya; b) perumusan strategi, yang dilakukan oleh tim, menyesuaikan kondisi madrasah serta mempertimbangkan harapan-harapan stakeholders. Kedua, Teknik implementasi perencanaan strategis dengan 2 cara yaitu: a) melibatkan stakeholders dengan memberikan wewenang terhadap staff-staff, melakukan pengumuman program diawal tahun, mengadakan rapat koordinasi setiap bulan, dan memberikan tugas sesuai dengan bidangnya; b) memaksimalkan sumberdaya yang dimiliki dengan menganggarkan biaya implementasi program, memberikan pelatihan kepada guru, dan menggunakan sarana dan prasarana yang ada. Ketiga, a) evaluasi internal dan eksternal dengan cara mengevaluasi proses dan hasil kegiatan belajar mengajar, evaluasi lulusan setiap tahun, melihat keprofesionalan guru, mengevaluasi prestasi yang diraih, dan monitoring yang dilakukan oleh pengawas pendidikan dari kemenag serta akreditasi yang dilakukan oleh BAN S/M; b) implikasi, mengalami peningkatan mutu pendidikan dengan indikator: peningkatan proses KBM, prestasi, jumlah peserta didik dan peningkatan prosentase lulusan, serta terpenuhinya sarana penunjang proses pembelajaran sesuai dengan SNP.
ENGLISH:
Indonesian educational system is challenged to be able to produce quality graduates with good personality who are able to compete both in the national and international level. To solve this challenge, madrasah are offered to implement the strategic planning in order to improve their education quality.
This study is aimed to describe 1) the arrangement of strategic planning, 2) the implementation of the strategic planning, 3) the evaluation and effect of the implementation of the strategic planning in order to improve the education quality at MA An-Nur Bululawang and MA Almaarif Singosari Malang.
This study applies the qualitative method by using the multi-sites case study design. Data collection was gathered through interview, observation and documentation. Data analysis technique covers data reduction, data presentation and conclusion drawing. Data validity was checked through triangulation of sources and method.
Result of this study shows that: first, arrangement of strategic planning was done through 2 steps: a) analyzing internal and external environment through SWOT Analysis, involving stakeholders, reviewing factors which affect the madrasah quality, gathering information about the present and future condition of the madrasah and evaluating the teaching results as analysis materials; b) strategy formulation which adapts the madrasah condition and considers the stakeholders expectations. Second, strategic planning implementation was conducted through 2 methods: a) involving the stakeholders by giving freedom to the staffs, announcing the program at the beginning, holding monthly coordination meeting and assigning the appropriate duty; b) optimizing the available resources by providing fund for program implementation, giving training to teachers and utilizing the available infrastructure. Third, a) evaluating the internal and external by looking at the process and result of the teaching and learning activities, evaluating the graduates, observing teachers’ professionalism, evaluating obtained achievements and monitoring conducted by the assessor from the Indonesian Ministry of Religious Affairs; b) effects, there is an improvement of quality which can be seen by several indicators: improvement in the teaching and learning process, achievements, number of students and graduates percentage also the fulfillment of infrastructure which suits the SNP.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono and Rofiq, Aunur | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Perencanaan Strategis; Mutu Pendidikan; Strategic Planning; Education Quality | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | |||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2018 10:11 | |||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2018 10:11 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9746 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |