Wahidah, Miftahul (2017) Penerapan media power point interaktif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11140050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang wajib diajarkan pada tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Khususnya pada tingkat sekolah dasar, pelajaran Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara atau berkomunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis. Masalah yang mendasar yang ditemukan oleh peneliti adalah masalah keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan pasifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran, kurang percaya diri, dan masih malu-malu jika harus berbicara di depan teman-teman mereka. Dalam kegiatan belajar mengajar penggunaan metode atau media belajar tertentu sangat berpengaruh pada hasil belajar yang dicapai siswa. Oleh karena itu peneliti menggunakan media powerpoint interaktif untuk memberikan solusi terhadap masalah tersebut, karena menggunakan media power point interaktif dapat merangsang siswa untuk aktif, dan mampu mengambangkan ide-ide yang ada dalam pikiran mereka serta melatih siswa agar tidak malu berbicara di depan umum/ di depan teman-temannya.
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan media power point interaktif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang.
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, tes tertulis, tes lisan, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif yaitu memaparkan secara menyeluruh tentang keadaan yang ada di lapangan, yang dilakukan dan dirasakan oleh peneliti. Sedangkan deskriptif kuantitatif yaitu untuk mengetahui hasil tindakan per siklus yang didapatkan dari hasil evaluasi per siklus (pre-test dan post-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media powerpoint interaktif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang. Bukti secara kualitatif dapat diketahui dari hasil pengamatan proses pembelajaran yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran, lebih percaya diri, lancar dalam berbicara, dan mampu menggunakan kata secara tepat. Peningkatan hasil pengamatan pada pra-siklus rata-rata 19,14, sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan yaitu 36, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 51,6. Sedangkan bukti secara kuntitatif siswa mengalami peningkatan rata-rata, yaitu pada pra-siklus nilai rata-rata 51,1, siklus I adalah 61,9, dan siklus II adalah 80,9.
ENGLISH:
Indonesian language is one of obligatory subjects from primary education to tertiary education. In elementary school, Indonesian language is optimized to increase speaking and oral communication and written well. The primary problem found by the researcher is students’ speaking ability. It is proven from the students'inactivity in learning, lack of confidence in speaking in front of their friends. In teaching learning activity, the use of certain method and media of learning influences the students’ achievement. Thus, the researcher use PowerPoint as theinteractive media to stimulate the students' activeness, and the ability to explore ideas in their mind and train them to be confident in speaking in front of their friends.
The aim of the study is to reveal the plan, implementation, and evaluation of learning by using interactive PowerPoint in enhancing the students' speaking skill, especially the 1st grade students of SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang.
In the current research,the approach used is qualitative and specifically in Class Action Research. The data collection method is observation, interview, written test,oral test, and documentation. While, the analysis used is descriptive qualitative and quantitative analysis. Descriptive qualitative analysis is a whole description of the actual condition of the field, done and felt by the researcher. Whereas, the descriptive quantitative is to reveal the action in every cycle that can be used from evaluation result every cycle (pre-test and post-test).
The result of the study shows that the implementation of PowerPoint media can enhance the speaking skill of 1st grade students of SDN Genukwatu IV Ngoro Jombang. It can be seen from the result of learning process investigation which increases in every cycle, the students are more confident, more fluent in speaking, and ability in using words well. The increase inevery cycle is average of 19.14,whilein the first cycle increases to 36, and in the second cycle increases to 51.6.- While, the quantitative proves an increase in average; the pre-cycle is average of 51.1, the first cycle is 61,9 and the second cycle is 80,9.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Power Point Interaktif; Peningkatan Keterampilan Berbicara; Interactive Power Point Media; Increasing Speaking Skill | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Nandika Bintan Elhamah | ||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2018 11:12 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2018 11:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9742 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |