Wulandari, Sasmintarasa (2017) Upaya guru ilmu pengetahuan sosial dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada kelas VIII-H di MTsN Bandarkidul Kediri I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fultext)
13130068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat betgantung pada proses belajar yang dialami siswa, ketika siswa berada disekolah tentunya dalam proses pembelajaran terdapat kesulitan tersendiri yang dialami oleh para siswa.Seperti kesulitan mengerti sebuah materi atau memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kesulitan belajar merupakan suatu keadaan dalam proses belajar mengajar dimana anak didik tidak dapat belajar sebagaimana mestinya, kesulitan belajar pada dasarnya adalah suatu gejala yang nampak dalam berbagai manivestasi tingkah laku, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kesulitan belajar juga terjadi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, oleh karena itu uapaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS sangat diperlukan.
Tujuan umum dilakukannya penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui apakah faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII-H di MTsN Bandarkidul Kediri I. (2) upaya guru Ilmu Pengetahuan Sosial mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII-H di MTsN Bandarkidul Kediri I
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pengamat dalam observasi. Sedangkan untuk analisis data dari banyak data yang terkumpul dari lapangan seperti wawancara dan dokumentasi, penulis mengkelompokan dan mengorganisasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah yang dirumuskan oleh peneliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa adalah (1) Motivasi belajar siswa yang rendah karena siswa sering bergurau dengan temanya ketika guru sedang menyampaikan materi (2) Siswa malas dalam mengikuti pelajaran IPS dikarenakan materi yang banyak serta waktu pembelajaran IPS yang selalu berada di jam terakhir membuat siswa malas karena sudah lelah (3) Faktor orang tua atau keluarga, Orang tua yang kurang meperhatikan pendidikan anak-anaknya menjadi penyebab kesulitan belajar (4) kreatifitas guru dalam meilih media serta metode pembelajaran dapat mempengaruhi anak untuk malas belajar. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar yaitu mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar, dan memberikan perhatian khusus pada siswa tersebut selain itu guru menggunakan berbagai macam metode dan media saat proses pembelajaran.
ENGLISH:
Succes or failure of the achivementeducational goal dpends on learning process, when the students are the school they certainly have difficult in learning process. Such as difficulty about understanding materi, from the book and also from the teacher. Difficulties of learning are condition in teaching learning process where students can not study properly, Learning difficulties are basically a visibel phenomenon in many behavior, manifestation, either directly or indirectly. Difficulty learning also occur in social science subject, therefore, the effort of teacher to solve the problem in teaching social science subject is needed.
The purpose of the research : (1) Describe what are the faktors that cause social learning difficulties of students in grade VIII-H in MTsN Bandarkidul Kediri 1 (2) Describe the effort of social teacher to solve the problem in difficulties learning of student grade VIII-H in MTsN Bandarkidul Kediri 1.
In this research, the researche use qualitative research with the discription approach. Data collection by using observation, interview and documentation. The research act as observer in this observation. As for the data analysis wich collected in the field as interview and documentation. The reseacher grouped and organized, so that could answered the formulation problem of the research. The researcher analysis though data reduction, data presentation and verification.
The result of the research indicated that (1) Factors of difficulties learning is (a) Learning motivation of the student is low, because the student not pay attention to the teacher (b) The student are lazy to do social lesson, because the teacher give the lesson in the last time of lesson (c) Factors from the parents because they are not pay attention to their child a their study (d) Theacher creativity to choose the media or theacing social science subject lesson can effect the emotipn of student (2) The effort that teacher do to solve the diffulties of learning, that is identify students who have learning difficulties and give special attention to the students. In addition the teachers using various method and mendia in the learning process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya Guru; Kesulitan Belajar; The effort of teacher; Difficulties of Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | fyanka noor | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 15:21 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2018 15:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9731 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |