Mukaromah, Dewi Sahrotil (2017) Studi komparasi prestasi belajar mata pelajaran IPS pada sekolah full day school dan reguler: Studi kasus pada SMP Muhammadiah 2 Malang dan MTs Hammid Rusydi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Prestasi belajar adalah hasil usaha belajar yang berupa nilai-nilai sebagai ukuran kecakapan dari usaha belajar yang telah dicapai seseorang, prestasi belajar ditunjukan dengan jumlah nilai raport atau test nilai sumatif.
Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah faktor eksternal yang meliputi (1) faktor pengaturan belajar di sekolah (kurikulum, disiplin sekolah, guru, fasilitas belajar, dan pengelompokan siswa ). (2) Faktor sosial di sekolah( sistem sosial, status sosial siswa, dan interaksi guru dan siswa ). (3) Faktor situasional (keadaan politiK ekonomi, keadaan waktu dan tempat atau iklim).
Tujuan peneLitian adalah untuk mengetahui (1) Prestasi belajar mata pelajaran IPS pada sekolah full day school di SMP Muhammadiyah 2 Malang (2) Prestasi belajar mata pelajaran IPS pada sekolah Reguler di MTs Hamid Rusydi Malang (2) untuk Mengetahui apakah prestasi belajar mata pelajaran IPS pada sekolah Full day school lebih unggul dari sekolah Reguler.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan jenis yang digunakan kuantitatif komparatif.Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Simple random sampling.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu hasil dari ujian akhir semester pada semester ganjil dan hasil nilai test evaluasi Submatif. Analisis datanya menggunakan analisis induktif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar mata pelajaran IPS pada sekolah full day school pada frekuensi baik dengan sampel 34 siswa memperoleh nilai rata-rata 72,79 dengan standar deviasi 0,91 dan varian 0,82. Demikian untuk sekolah reguler juga pada frekuensi baik dengan sampel yang sama yaitu 34 siswa memperoleh nilai rata-rata 71,47 dengan standar deviasi 0,87 dan varian 0,75. Hasil dari perhitungan dengan menggunakan independent sample t_testmenunjukan bahwa t_hitung<t_tabel atau 0,236 < 1,999maka H_a: ditolak dan H_0 diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar baik di full day school maupun reguler. Meskipun terdapat perbedaan, namun prestasi belajar mata pelajaran IPS pada sekolah pada full day school dan reguler pada frekuensi yang sama-sama baik.
ENGLISH:
Learning achievement is the result of learning effort in the form of values as a measure of the ability of a learning effort that has been achieved, learning achievement is indicated by the amount of the value of report or summative test. Learning achievement is influenced by several factors, one of which is external factors that include (1) learning management factors at school (curriculum, school discipline, teacher, learning facilities, and student grouping). (2) Social factors at school (social system, student social status, and teacher and student interaction). (3) Situational factors (the condition of economic and politic, circumstances of time and place or climate).
The purposes of this research are to know (1) Learning Achievement of Social Science (IPS) Subjects in Full Day School at (Junior High School) SMP Muhammadiyah 2 Malang (2) Learning Achievement of Social Science (IPS) Subjects in Regular at MTs(Islamic Junior High School) Hamid Rusydi Malang (3) to know whether learning achievement of IPS subject in Full Day School school is more dominant than Regular schools.
The research used a type of quantitative approach with quantitative comparative. Sampling used Simple random sampling. The instrument used the result of the final exam of odd semester and the results of the value of the summative test. The data analysis used inductive analysis.
The results of the research indicated that the learning achievement of IPS subjects in full day school was in good frequency with a sample of 34 students were obtained an average score of 72.79 with standard deviation of 0.91 and 0.82 variants. Similarly, the regular school as also on good frequency with the same sample of 34 students were obtained an average score of 71.47 with standard deviation of 0.87 and 0.75 variants. The results of the calculation using independent sample T-Test showed that t_count<t _table or 0,236 <1,999 then H_awasrejected and H_0was accepted, so it can be concluded that there was no difference in learning achievement both in full day school and regular. However, the learning achievement of IPS subjects in full day school and regular was in good frequency.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Prestasi Belajar; Full Day School; Regular School; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Nuroniatul Khusnia | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 15:19 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2018 15:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9726 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |