Trimurwani, Rodiyatin Puput (2017) Pengaruh minat belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar siswa kelas XI IIS di MAN Nglawak Kertosono. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kesulitan belajar merupakan suatu keadaan siswa/peserta didik yang tidak dapat belajar sebagaimana mestinya, yang disebabkan karena adanya ancaman, hambatan ataupun gangguan dalam kegiatan belajar yang terjadi baik dari dalam diri siswa ataupun dari luar diri siswa. Faktor dari dalam diri siswa yaitu karena sakit, karena kurang sehat, intelegensi, bakat, minat, motivasi, faktor kesehatan mental, tipe khusus seorang pelajar, sedangkan faktor dari luar siswa yaitu faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan pengaruh minat belajar terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di Man Nglawak Kertosono (2) menjelaskan pengaruh lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di Man Nglawak Kertosono (3) menjelaskan pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di Man Nglawak Kertosono. (4) menjelaskan pengaruh minat belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di Man Nglawak Kertosono.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, instrument yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS Man Nglawak Kertosono jumlahnya 140 siswa Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi,, uji t dan uji F.
Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa: (1) Minat Belajar berpengaruh posistif signifikan terhadap kesulitan belajar dengan nilai koefisien korelasinya 0,695 (2) Lingkungan Keluarga tidak ada pengaruh signifikan terhadap Kesulitan Belajar dengan koefisien korelasinya (0,68) (3) Lingkungan Sekolah Berpengaruh positif signifikan terhadap kesulitan belajar siswa dengan koefisien korelasinya 0,768 (4) Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari variabel Minat Belajar, terhadap kesulitan belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung (2,469) > ttabel (1,97). Tidak ada pengaruh dari variabel lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar dengan nilai nilai thitung (0,540) < ttabel (1,97). Ada pengaruh dari variabel lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung (2,120) > ttabel (1,97). Kesimpulannya bahwa ada pengaruh variabel Minat bellajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap kesulitan belajar .
ENGLISH:
Learning difficulties are a condition of student/ learnes who can not learn properly due to threats, obstacles or disruptions in learning activities that occur either from within the student or from the outside of the student self. Factors from within the student that is of illness, less healty, intelligence, talent, interst,motivation mental health factor, specialtype of student, while factor from student that is family environment, school environment.
The purpose of this study is (1) To explain the influence of learning interest to student’s learning difficulties on economic subjects of class XI IIS in Man Nglawak Kertosono (2) To explain the influence of family environment on student’s learning difficulties on Economic subjects of class XI IIS in Man Nglawak Kertosono (3) To explain the influence between the school environment to the student learning difficulties on economic subject of classs XI IIS in Man Nglawak Kertosono, (4) To explaining the influence of learning interest, family environment, and school environtment to student learning difficulties on the economic subject of class XI IIS in Man Nglawak Kertosono.
Metode this study using quantitative research, the instrument used in the form of questiooaires and documentation. Population in this study is the student of class XI IIS Man Nglawak Kertosono 140 students, data analysis used in this study using regression analysis, t test and F test.
The results of research that has been done states that: (1) Interset learning positively significant influence on learning difficulties with the value of correlation coefficient 0,695 (2) Family environment no significant influence on learning difficulties with correlation coefficient (0,68) (3) school environment positive significant to student learning difficulties with a coefficient correlation 0,768 (4) the result of linear regression indicates that there is influence from learning interest variable, to learning difficulties which is indicated by t count (2,469) > t table (1,97). No influence of family environment variable to learning difficulties with value t count (0,540) < t table (1,97). There is influence of school environment variable to learning difficulties which is indicated by t count (2,120) > t table (1,97). Conclusion that there is influence of variable learning, family environment and environment school have difficulty learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Minat Belajar; Lingkungan Keluarga; Lingkungan Sekolah; Kesulitan Belajar; Learning Interests; Family Environment; School Environment; Learning Difficulties | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | fyanka noor | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 15:16 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2018 15:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9724 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |