Pratiwi, Anisah Novita Tia (2017) Upaya guru IPS dalam membentuk karakter bertanggung jawab siswa kelas VIII C MTs Hasyim Asy’ari Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130095.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan karakter tanggug jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, yang seharusnya dilakukan oleh diri sendiri, masyarakat, lingkungan, Negara, dan Tuhan yang Maha Esa. Pembentukan karakter tanggung jawab dapat diterapkan disekolah melalui kegitan belajar mengajar maupun di luar pembelajaran,Tanggung Jawab merupakan salah satu sikap yang harus dibentuk sedini mungkin kepada siswa agar siswa dapat mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukannya.
Rumusan Masalah ini adalah (1)Bagaimana bentuk-bentuk karakter bertanggung jawab siswa kelas VIII C MTs Hasyim Asy’ari Batu (2)Bagaimana upaya guru ips dalam membentuk karakter bertanggung jawab siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Batu (3) Apa saja faktor apa yang mendorong dan menghambat pembentukan karakter bertanggung jawab siswa kelas VIII C MTs Hasyim Asy’ari Batu. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk karakter bertanggung jawab siswa kelas VIII C MTs Hasyim Asy’ari Batu (2) Untuk mengetahui upaya guru ips dalam membentuk karakter bertanggung jawab siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Batu (3) Untuk mengetahui faktor apa yang mendorong dan menghambat pembentukan karakter bertanggung jawab siswa kelas VIII C MTs Hasyim Asy’ari Batu.
Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Kemudian pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Bentuk-bentuk karakter bertanggung jawab siswa yaitu selalu mengerjakan tugas sekolah dengan baik, selalu mengikuti sholat berjamaah disekolah dan hukuman-hukuman bagi yang melanggar peraturan sekolah dengan menggunakan pendekatan persuasif yaitu nasihat yang selalu diberikan kepada siswa, kemudian pemberian hukuman dan pemberian contoh contoh dalam kehidupan sehari hari (2) Pelaksanaan pembentukan karakter bertanggung jawab dilaksanakan di dalam kelas maupun di luar kelas. Pelaksanaanya melalui pembiasaan oleh guru (3) Terdapat faktor pendorong dan penghambat dalam jalannya pembentukan karakter bertanggung jawab pada siwa kelas VIII C di MTs Hasyim Asy’ari Batu. Salah satu faktor pendorong disini seperti pembiasaan yang dilakukan oleh pihak sekolah maupun guru guru dan juga salah satu faktor penghambatnya disini ialah tentang faktor lingkungan yang tidak mendukung akan sikap bertanggung jawab.
ENGLISH:
The character education of responsibility is the attitude and behavior of a person to carry out the duties and the responsibilities which should be done by self, society, environment, State, and God Almighty. Shaping the character of responsibility can be applied in the school through the activity of teaching and learning, Responsibility is one of the attitudes that should be formed as early as possible to the students to be responsible for what they have done.
The statements of the problem are (1) How are the forms of responsible character of the students of class VIII C of (Islamic Junior High School) MTs Hasyim Asy'ari of Batu (2) How are the efforts of Social Studies (IPS) Teacher in shaping responsible character of the students of class VIII C of (Islamic Junior High School) MTs Hasyim Asy'ari of Batu (3) what are the supporting and the inhibiting factors in shaping responsible character of the students of class VIII C of (Islamic Junior High School) MTs Hasyim Asy'ari of Batu. The purposes of the research are to: (1) know the forms of responsible character of the students of class VIII C of (Islamic Junior High School) MTs Hasyim Asy'ari of Batu (2) know the efforts of Social Studies (IPS) teacher in shaping responsible character of the students of class VIII C of (Islamic Junior High School) MTs Hasyim Asy'ari of Batu ( 3) know the supporting and the inhibiting factors in shaping responsible character of the students of class VIII C of (Islamic Junior High School) MTs Hasyim Asy'ari of Batu.
The research method used qualitative approach and case study. In collecting data used observation method, interview, and documentation.
The research results indicated that, (1) the forms of responsible character were: always doing school work well, always following the school prayers together and giving the punishments for the students who violate school rules by using a persuasive approach, namely giving advice to students, giving punishment and giving examples in daily life (2) Implementation in shaping the responsible character was conducted in the class and outside of the class. Implementation was through teacher’s habituations (3) Those were supporting and inhibiting factors in shaping the responsible character for the students of class VIII C of (Islamic Junior High School) MTs Hasyim Asy'ari of Batu. One of the supporting factors was habituations that were conducted by the school and teachers, one of the inhibiting factors was unsupported environmental to the responsible attitude.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susilawati, Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Karakter Tanggung Jawab; IPS Terpadu; The Character of Responsibility; Integrated Social Studies | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Isvina Unaizahroya | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 14:48 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2018 14:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9722 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |