Rosadi, Moch. Imron (2017) Pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan IPS fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10130041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Pendidikan sebagai salah satu sektor utama dalam pembangunan nasional, dijadikan alat fungsi maksimal dalam upaya meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia. Tercapainya tujuan pendidikan nasional dapat dilihat dari pencapain prestasi belajar. Memiliki prestati belajar yang baik merupakan wawsan yang lebih baik dan dapat menguasai materi pembelajaran yang telah di sampaikan oleh Dosen. Dalam meningkatkan hasil belajar beberapa faktor penting perlu diperhatikan seperti fasilitas belajar dan lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran untuk mencapai prestai belajar yang baik. Maka dari itu, tiga faktor tersebut menjadi variable penelitian ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh antara fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadaap prestasi belajar, dan seberapa besar pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan Pend. IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang digunakan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dari hasil analisis data secara simultan terbukti bahwa terdapat hubungan yang substansial antara Fasilitas belajar dan Lingkungan belajar terhadap Prestasi belajar Mahasiswa jurusan Pend. IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dengan kata lain, terdapat hubungan yang cukup tinggi antara Fasilitas belajar dan Lingkungan belajar terhadap Prestasi belajar.
Dari nilai koefisien korelasi diperoleh nilai R = 0,653 > r tabel = 0,235 yang berarti terdapat hubungan yang positif antara Fasilitas belajar dan Lingkungan belajar dengan Prestasi belajar Mahasiswa jurusan Pend. IPS dan dari nilai koefisien determinasi sebesar 0,409 atau 40,9%. Dari hasil analisis data yang dilakukan secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh Fasilitas belajar terhadap Prestasi belajar diperoleh nilai t hitung = 2,305. Sementara itu, untuk t tabel dengan taraf signifikakansi 0,050, diperoleh nilai t tabel = 1,667. Perbandingan antara keduanya menghasilkan t hitung 2,305 > t tabel 1,667, sedangkan nilai signifikasi 0,024 < 0,050.
ENGLISH :
Education is one of main factors of national development which becomes an effort in developing Indonesia life quality. The achievement of national education objective can be seen from the study achievement, better knowledge and material mastering delivered by the lecturers. To improve the study achievement must focus on some important factors such as learning facility and environment which support the better study achievement. Therefore, those three factors become the research variables.
The research objectives are to explain the effect between learning facility and environment for the study achievement, and how big is the effect learning facility and environment for the study achievement of students from Social Science Education Department of Tarbiya and Teachers Training Faculty in UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.
This research uses quantitative approach with correlation type. The instrument is questionnaire to know the effect of learning facility and environment for the study achievement. This research uses multiple linear analysis.
The data analysis shows that there is a simultaneous substantial relation between learning facility and environment for the students’ achievements from Social Science Education Department of UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang
The correlation coefficient score is R = 0.653> r table = 0.235 which means there is a positive relation between learning facility and environment for the students achievements from Social Science Education Department. The determination coefficient score is 0.409 or 40.9%. From the partial data analysis shows that the effect of learning facility for the study achievement is t measure = 2.305 and the t table with significance level of 0.050 got t table = 1.667. The comparison got t measure 2.305 > t table 1.667, while the significance score is 0.024 < 0.050.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masruri, M. Hadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Fasilitas Belajar; Lingkungan Belajar; Prestasi Belajar Learning Facility; Learning Environment; Study Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Lusi Herniati | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 14:47 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2018 14:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9720 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |