Nasihin, Nasihin (2017) Pengembangan buku ajar pecahan kelas 4 di MI Hasyim Asy’ari Ngawonggo Tajinan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dipilih karena setelah melakukan observasi dan wawancara di MI Hasyim Asy’ari Ngawonggo Tajinan. Peneliti mendapatkan bahwa buku ajar yang digunakan di sekolah tersebut kurang mendefinisikan pecahan, memberikan contoh yang sulit dipahami, dan kurang menariknya desain buku. Berdasarkan kenyataan tersebut, peneliti mengembangkan ajar pecahan yang lebih menarik yang bertujuan untuk mengetahui tentang buku ajar pecahan dan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan buku ajar pecahan kelas IV.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Reseach and Development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu yang menggunakan model prosedural. Model prosedural adalah model deskriptif yang menggambarkan alur atau langkah-langkah prosedural yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk tertentu.
Dari hasil validasi yang dilakukan kepada ahli isi materi dan ahli desain menunjukkan buku ajar ini adalah valid. Terbukti persentase rata-rata dari hasil validasi ahli isi materi menunjukkan 87,5% menyatakan valid, dan hasil validasi oleh ahli desain menunjukakan 80% menyatakan valid, dan dari hasil uji coba produk yang dilakukan kepada guru matematika menunjukkan 81,5% valid.
Dari hasil analisis data tes uji coba lapangan bahwa buku ajar ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 di MI Hasyim Asy’ari Ngawonggo Tajinan. Terbukti dari nilai uji-t yaitu -5,946 yang artinya data tersebut terbukti valid bahwa variabel saling berhubungan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa buku ajar yang dikembangkan terbukti secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran matematika pada bab pecahan di kelas IV MI Hasyim Asy’ari Ngawonggo Tajinan
ENGLISH:
This research conducted according to observation and interview in MI Hasyim Asy'ari Ngawonggo Tajinan. The researcher found that the textbooks used in the school did not define fractions, provided examples that were hard to understand, and less interesting book designs. Based on these facts, the researchers developed a more interesting fractional teaching which to find out about the textbook of fractions and to improve student learning out to comes before and after the use of textbooks class 4th grade fractions.
The type of this research is Reseach and Development a kind research method that is used to produce certain product used procedural model. A procedural model is a descriptive model that describes the flow or procedural steps that must be fullfing to produce a particular product.
The results of validation by material experts and design experts show this textbook is valid. It is proven that the average percentage of content validation results by the material expert shows that 87.5% is valid, and the validation result by the design expert indicate that 80% is valid, and the results of the product test conducted to the mathematics teacher show 81.5% valid.
By the result of field test data and test analysis shows that this textbook can improve student learning result of grade 4th in MI Hasyim Asy'ari Ngawonggo Tajinan. That is prove that the value of t-test is -5.946 which means the is the variables of the valid are interconnected. This it can be said that the textbook developed proves effectively improve student learning result of mathematics lessons in the grade 4th MI Hasyim Asy'ari Ngawonggo Tajinan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asmaningtias, Yeni Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Buku Ajar; Pecahan; Development; Textbooks; Fractions | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Nandika Bintan Elhamah | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 14:45 | ||||||
Last Modified: | 09 May 2023 15:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9682 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |