Efektivitas pemupukan nitrogen dan multi isolat Rhizobium ILeTRYsoy 4 dalam berbagai formula terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai di tanah masam ultisol

Hidayat, Mukhlis (2010) Efektivitas pemupukan nitrogen dan multi isolat Rhizobium ILeTRYsoy 4 dalam berbagai formula terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai di tanah masam ultisol. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Thesis Fulltext)
05520049 Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Tanah masam Ultisol kurang produktif untuk pertanian karena adanya leaching (pencucian) unsur hara yang terjadi secara intensif, sehingga mengakibatkan defisiens unsur hara, kapasitas tukar kation rendah dan kadar aluminium tinggi. Kondisi ini kurang sesuai untuk tanaman kedelai, akan tetapi kesuburannya dapat diperbaiki dengan penambahan pupuk organik, anorganik dan hayati yang dikombinasikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menentukan efektivitas pupuk Urea (nitrogen) terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai. 2) Menentukan efektivitas multi isolat dalam berbagai formula terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai di tanah masam Ultisol.

Penelitian dilakukan di rumah kaca Balai Penelitian Tanaman Kacang- kacangan dan Umbi-umbian (BALITKABI) Malang pada bulan Juni-Agustus 2008. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan dua faktor dan tiga ulangan. Faktor pertama yaitu: pemupukan nitrogen pada berbagai dosis (kontrol, 50, 100 dan 150 kg/ha). Faktor kedua adalah multi isolat (Rhizobium ILeTRYsoy 4) dalam berbagai formula. 1) pelet Rhizobium ILeTRYsoy 4. 2) pelet Rhizobium ILeTRYsoy 4+dolomit+SP 36. 3) pelet Rhizobium ILeTRYsoy 4+dolomit +SP 36+bokashi. 4) menggunakan legin dan 5) kontrol (tanpa inokulasi). Variabel yang diamati meliputi: tinggi tanaman, kadar klorofil, jumlah bintil akar efektif, jumlah polong, berat polong, jumlah biji, berat biji dan berat 100 biji pertanaman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemupukan Urea sebagai sumber nitrogen pada dosis 150 kg/ha dapat meningkatkan indeks klorofil daun dari 31.75 (kontrol) menjadi 34.89 pada masa akhir vegetatif (45 hst). Sedangkan inokulasi multi isolat dalam berbagai formula tidak berpengaruh terhadap peningkatan indeks klorofil. Inokulasi multi isolat (Rhizobium ILeTRYsoy 4) dapat meningkatkan jumlah bintil akar efektif dari 0.83 pertanaman menjadi 20.08 pertanaman. Tidak terjadi interaksi antara pemupukan Urea sebagai sumber nitrogen dan inokulasi multi isolat terhadap semua variabel pengamatan. Pada variabel tinggi tanaman, berat kering brangkasan, jumlah polong pertanaman, berat polong pertanaman, jumlah biji pertanaman, berat biji pertanaman dan berat 100 biji tidak dipengaruhi oleh pemupukan nitrogen dari Urea hingga 150 kg/ha
dan inokulasi multi isolat Rhizobium ILeTRYsoy 4 dalam berbagai formula.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Suyono, Suyono and Harsono, Arief and Abidin, Munirul
Keywords: Tanah Masam Ultisol; Multi isolat; Macam Formula; Kedelai
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060703 Plant Developmental and Reproductive Biology
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Biologi
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 05 Aug 2015 07:05
Last Modified: 05 Aug 2015 07:05
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item