Susanti, Renita (2017) Analisis kesalahan pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas V MIN Sukosewu Gandusari Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13140118.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam matematika mempelajari struktur konsep akan lebih sulit dibandingkan mempelajari fakta-fakta dan algoritma dalam matematika. Untuk mempelajari matematika konsep sebelumnya menjadi prasyarat harus benar-benar dikuasai agar dapat memahami topik atau konsep selanjutnya. Kendala yang dihadapi siswa adalah pada saat harus membangun sebuah konsep baru atas dasar pemahaman konsep yang telah mereka kuasai sebelumnya. Ketidakruntutan guru dalam memberikan konsep memang hal mendasar yang menyebabkan rendahnya pemahaman konsep siswa sehingga dapat menjadikan siswa bingung dan banyak mengalami kesalahan dalam mempelajari konsep matematika. Konsep yang tertanam secara benar pada siswa dari dasar merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika terutama dalam materi geometri untuk menghindari kesalahan pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan pemahaman konsep yang dialami siswa kelas V pada materi bangun datar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang diuraikan dalam bentuk laporan atau uraian deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan pemahaman konsep yang terjadi pada siswa banyak disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dasar yang dikuasai siswa pada materi bangun datar. Terlihat pada konsep bangun segiempat sebanyak 94,73% siswa melakukan kesalahan. Sedangkan pada konsep bangun jajar genjang menunjukkan sebanyak 97,36% siswa melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan pada kasus-kasus, pengaruh pembahasaan sehari-hari, dan sumber belajar yang kurang tepat. Kenyataan di lapangan, banyak praktek-praktek pembelajaran maupun sumber-sumber pembelajaran yang masih menganggap bangun jajar genjang, persegi, persegi panjang, dan belah ketupat sebagai himpunan yang terpisah. Kesalahan pemahaman konsep tersebut diasumsikan akan terus dialami siswa sehingga menjadikan siswa melakukan miskonsepsi hingga jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
ENGLISH:
In studying mathemathics, the structure of concepts will be more difficult than studying facts and algorithms. And to study mathemathics, the understanding of previous concepts must be well controlled because it becomes a prerequisite for the understanding of subsequent concepts. Constraints faced by students is when students have to create new concepts based on the understanding os concepts that have been studied previously. The obscurity of teacher in provide understanding of the concept will lead to confused students and many mistake in learning mathemathical concepts. The concepts that is taught correctly on the students from the foundation is very important in the learning of mathemathics, especially the material of geometry to avoid misconceptions of the concepts. The purpose of this research is to describe misconceptions of the concepts on 5th grade students on plane material.
This research is a qualitative research and used descriptive research design. Data collection using the method of observation, test, interview, and documentation. This research use analysis descriptive which is described in the form of descriptive reports.
The results of the research indicate that the misconception of the concepts that happen to the students is due to a lack of understanding of the basic concepts that are mastered by the students on the plane material. Seen in the concept of quadrangle of 94,73% students make mistakes. Meanwhile on the concept of parallelogram of 97,36% students make mistakes. Such errors are influenced by customs in cases, the effects of daily discussions, and inadequate learning resources. Reality in the field, many of the learning practices and learning resources still consider that parallelogram, square, rectangular, and rhombic as separate sets. Misconceptions of the concept are assumed to continue to be experienced by students so that students make misconceptions to a higher lever of education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kesalahan Pemahaman Konsep; Bangun Datar; Misconception of Concept; Plane | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Taufik Handiadi | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 14:03 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2018 14:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9662 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |