Noviantari, Nandya (2017) Pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa di SD Muhammadiyah 09 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13140114.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Sejarah pendidikan di Indonesia menunjukkan bahwa masalah pendidikan telah lama menjadi pembicaraan. Di antara problematika yang selama ini adalah dalam hal menerapkan metode dalam proses pembelajaran. Pembelajaran hanya berkonsentrasi secara berulang- ulang, serta tidak mampu memberikan penguatan atas materi yang telah disampaikan. Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi murid- murid untuk mencapai tujuan. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar adalah kreativitas guru.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan (1) bentuk kreativitas guru, (2) keadaan minat belajar siswa, (3) pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 di SD Muhammadiyah 09 Malang, sebagai responden untuk mengetahui kompetensi guru kelas di lembaga tersebut.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan), yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan. Adapun sumber data dari siswa kelas 2 di SD Muhammadiyah 09 Malang dengan cara penyebaran instrumen angket untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwasannya (1) bentuk kreativitas guru adalah berbagai macam kreativitas telah dilakukan ketika mengajar, dengan memberikan alat peraga yang sesungguhya, biasanya melakukan kegiatan yang berkenaan dengan praktik langsung atau langsung melakukan kegiatan outing class ke tempat yang sesuai dengan materi yang berlangsung, (2) minat belajar siswa sangatlah siswa. Apalagi dengan guru selalu menggunakan media yang menarik, serta menggunakan media yang sesungguhnya. Dengan begitu, siswa dapat memperhatikan guru pada saat pelajarn di mulai. Siswa memiliki rasa tertarik dan penasaran jika menggunakan media, apalagi selalu beda materi jadi alat peraga yang digunakan juga selalu berbeda, (3) pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa, dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa t hitung = 6,046 jika dibandingkan dengan t tabel = 1,29743, sehingga karena t hitung > t tabel berarti regresi antara variabel kreativitas guru terhadap minat belajar siswa adalah signifikan positif.
ENGLISH:
History of education in Indonesia shows that the issu of education has long been the talk. Among the problems which, for this is in terms of applying the methods in the learning process. Learning only concentrate repeatedly, and not capable of providing reinforcement for any content that has been delivered. In the process of theacing and learning the teacher has a duty to encourage, guide, and provide learning facilities for students to achieve the goal. One the factors that affect the interest of studying is a creativity teacher.
The purpose of this research is to describe (1) a form of creativity of teachers, (2) state interest in student learning, (3) influence the creativity of teachers towards learning interest students. The subject of research is the grade 2 students at Elementary School Muhammadiyah Malang 09, as the respondent to know the competency of the master class at the institution.
The research approach used in this research is quantitative research with the kind of field research (field work), the research done by way of plunging directly into the field. As for the data source of the grade 2 students t the Elementary School Muhammadiyah Malang 09 with distribution of instruments now to know how the creativity of teachers towards learning interest of students.
The research results obtained that (1) the form of creativity of theachers is the range of creartivity has been done when teaching, by giving props in truth, usually doing activities with regard to the practice oof directly doing the class outing to the place corresponding to the material progress, (2) learning interest of students is very student. Let alone with a teacher always use media interest, as well as using real media. That way, students can pay attention to the teacher at the time of instruction at the start. Students have a sense a keen and curious is using media, let alone always different material so props used also alaways different, (3) influence the creativity of teachers towards learning interest of students, from the results of calculation show t calculate = 6,046 compared to table t = 1,29743, so because t calculate > t table means the regression between the variable of creativity of teachers towards learning interest of student is significantly positive.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kreativitas Guru; Minat Belajar Siswa; Creativity of teachers; The leaning Interest of Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Taufik Handiadi | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 11:35 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2018 11:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9660 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |