Syafi'in, Syafi'in (2017) Model pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 13 Sendangagung Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13140109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, minat, dan bakat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi Sekolahnya. Kegiatan pengembangan diri juga dapat difasilitasi dan atau dibimbing oleh Konselor, Guru atau Tenaga Kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui perencanaan yang sudah dilakukan dalam pengembangan diri siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di MI Muhammadiyah 13 Sendangagung. (2) Mengetahui model pelaksanaan pengembangan diri siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di MI Muhammadiyah 13 Sendangagung. (3) Mengetahui evaluasi keberhasilan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler untuk menunjang pengembangan diri siswa. (4) Mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan model pengembangan diri siswa di MI Muhammadiyah 13 Sendangagung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data digunakan dengan uji triangulasi.
Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Untuk perencanaan yang sudah dilakukan dalam pengembangan diri siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di MI Muhammadiyah 13 Sendangagung bertujuan agar terbentuk karakter siswa dan mengasah bakat dan minat anak serta dapat menanamkan rasa iman dan taqwa sesuai dengan visi dan misi sekolah. (2) Model Pelaksanaan pengembangan diri siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di MI Muhammadiyah 13 Sendangagung dilakukan dengan penjadwalan secara rutin selama satu minggu sekali. Upaya yang dilakukan dalam membentuk karakter siswa dan mengasah bakat dan minat siswa dengan cara memasukkan nilai-nilai rohani. (3) Evaluasi keberhasilan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler untuk menunjang pengembangan diri siswa dapat di lihat dari keantusiasan siswa yang dilihat dari absensi yang ada di masing-masing kegiatan ekstrakurikuler serta buku evaluasi peserta yang dimiliki oleh masing-masing koordinator kegiatan ekstrakurikuler.
ENGLISH:
Self-Development is purposed to provide opportunities for educator to develop and express themselves accordingly with propensity, interest and also school condition. Additionally, self-development can be facilitated or guided by counselor, teacher or educators in a form of extracurricular activities.
The objective of this research is: (1) to investigate the planning of self-development of extracurricular activity students in MI Muhammadiyah 13 Sendangagung (2) to know the model of self-development implementation of extracurricular activity students in MI Muhammadiyah 13 Sendangagung (3) to evaluate the success of extracurricular activity implementation to support self-development student (4) to know the supporting and inhibiting factors in self-development model implementation of student in MI Muhammadiyah 13 Sendangagung
Method which is used in this research is qualitative descriptive approach. Data collection techniques are conducted through observation, interviews, and documentation. Data is analyzed by reducing data, exposing data, and drawing conclusions. For checking the legitimation data is used by triangulation test.
The result shows: (1) for the planning that has been done in the student’s self-development on extracurricular activities aims to shape the character of the student and sharpen the talent and interest of children. Also, it can implant Iman and taqwa as like in school vision and mission (2) Implement model of self-development student in extracurricular activity in MI Muhammadiyah 13 Sendangagung which done by scheduling one a week routinely. The effort has a purpose to shape student characterization and sharpen the talents of students within implemented religious value (3) evaluate the success of extracurricular activities implementation to support self-development of student which can be proved from student’s enthusiastic from absences of extracurricular activity, also student evaluation book which handled by coordinator of extracurricular activity.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Efiyanti, Alfiana Yuli | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model; Pengembangan Diri; Kegiatan Ekstrakurikuler; Model; Self-Development; Extracurricular Activity | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Taufik Handiadi | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 11:34 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2018 11:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9659 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |