Ruchayati, Nur Annisaa (2017) Manajemen pembelajaran tematik pada anak berkebutuhan khusus di kelas 2 C Sekolah Dasar Luar Biasa Idayu 2 Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13140072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki kekurangan mulai dari fisik, mental dan kognitifnya sehingga membutuhkan bantuan khusus untuk menjalankan kehidupannya sehari-hari seperti sekolah dasar luar biasa yang merupakan suatu lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan khusus untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus apalagi di Sekolah Dasar Luar Biasa Idayu 2 Pakis Malang ini memberikan pembelajaran yang sama dengan sekolah pada umumnya yaitu Tematik yang merupakan model pembelajaran yang baru yang mulai dilaksanakan sejak tahun 2013. Pembelajaran Tematik merupakan pembelajaran yang tujuan pembelajarannya membuat aktif siswa di kelas sehingga pembelajarannya menjadi bermakna.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendiskripsikan dan memahami Perencanaan pembelajaran pembelajaran Tematik kelas 2 C di SDLB IDAYU 2 Pakis. (2) Mendiskripsikan Pelaksanaan pembelajaran Tematik kelas 2 C di SDLB IDAYU 2 Pakis. (3) Mendiskripsikan cara mengevaluasi pembelajaran pembelajaran Tematik kelas 2 C di SDLB IDAYU 2 Pakis.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study) atau penelitian lapangan (Field Research) dengan model Miles dan Huberman yang memiliki langkah-langkah analisis data yaitu data reduction, data display, dan data conclusion: drawing, verification. Penelitian ini dilakukan di kelas 2 C di Sekolah Dasar Luar Biasa Idayu 2 Pakis Malang dan kelas tersebut terdiri dari 5 siswa serta merupakan kelas Tunagrahita ringan.
Hasil dari penelitian ini manajemen pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Luar Biasa Idayu 2 Pakis Malang ini dari perencanaan sama seperti perencanaan yang dilakukan oleh guru pada umumnya yaitu membuat RPP dan silabus yang dikembangkan dari hasil KKG, kemudian untuk pelaksanaan pembelajarannya guru menggunakan bermacam-macam strategi dan metode yang sesuai dengan materi serta guru juga menggabungkan model pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan individual yang disebut IEP/PPI. Guru juga menerapkan 5M prinsip model pembelajaran tematik seperti Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, mengkomunikasikan dan untuk kelas 2 tunagrahita bisa berjalan dengan baik , namun dalam pelaksanaan 5 M untuk anak yang tunagrahita dan memiliki Slow Learner membutuhkan waktu yang lama untyk melaksanakan prinsip 5 M tersebut. Selanjutnya evaluasinya sama dengan evaluasi pada umumnya penilaiannya menggunakan 3 Ranah, yaitu Kognitif, Afektif dan Psikomotor dan model evaluasinya penugasan, tes tulis, serta lisan dan untuk tahapan evaluasinya ada ulangan harian dan UAS tidak ada UTS
ENGLISH:
Children with special needs are children who have shortcomings ranging from the physical, mental and cognitive thus they require special help to run their daily life such as extraordinary elementary school which is an educational institution that provides special education for children with special needs moreover in Idayu Extraordinary Elementary School 2 Pakis Malang provides the same learning with the other typical school that is Thematic which is a new model of learning which has been implemented since 2013. Thematic Learning is a learning that its objectives are to make the students more active in the classroom so that the learning becomes meaningful.
The purposes of this study were: (1) Describe and understand the planning of thematic learning in class 2 C of SDLB IDAYU 2 Pakis. (2) Describe the implementation of thematic learning in class 2 C of SDLB IDAYU 2 Pakis. (3) Describe the way of evaluating the thematic learning in Class 2 C of SDLB IDAYU 2 Pakis.
This research was the type of descriptive qualitative by using a case study approach or field research with Miles and Huberman models which had steps of data analysis, namely data reduction, display data, and data conclusion: drawing, verification. This research was conducted in class 2 C of Idayu Extraordinary Primary School 2 Pakis Malang and the class consisted of 5 students which was a Mild Mental Retardation Class.
The result of this research is thematic teaching management at Elementary School Idayu 2 Pakis Malang from the same planning as the planning done by the teacher in general that is making RPP and syllabus developed from the results of KKG, then for the implementation of the learning of teachers using various strategies and Appropriate methods with materials as well as teachers also incorporate thematic learning models using an individual approach called IEP / PPI. Teachers also apply 5M principles of thematic learning models such as Observing, Asking, Trying, Reasoning, communicating and for class 2 tunagrahita can work well, but in the implementation of 5 M for children who are tunagrahita and have Slow Learner takes a long time to implement the 5 M principle The. Further evaluation is the same as the evaluation in general assessment using 3 Ranah, namely Cognitive, Affective and Psikomotor and evaluation model assignment, written test, and oral and for the evaluation stage there are daily test and UAS no UTS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen Pembelajaran; Tematik; Anak Berkebutuhan Khusus; Learning Management; Thematic; Children with Special Needs | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dellavia Azzahra Permata Putri | ||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2018 14:59 | ||||||
Last Modified: | 21 Mar 2018 14:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9639 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |