Lizawati, Diana (2017) Strategi pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal pada siswa kelas I Ibnu Rusyd SD Muhammadiyah 9 Malang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13140067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kemampuan Interpersonal merupakan kemapuan dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan sesama manusia dan juga lingkungannya. Aspek ini akan mengajarkan kepada peserta didik tentang pentingnya hubungan sosial. Disamping itu, manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Lebih-lebih setelah peserta didik menyelesaikan studinya ia akan terjun ke masyarakat, maka dari itu peserta didik harus memiliki bekal yang cukup dalam bersosialisasi, maka sangat dibutuhkan peran guru untuk membantu mengembangakan kemampuan mereka dalam bersosialisasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memahami perencanaan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal pada siswa kelas I Ibnu Rusyd SD Muhammadiyah 9 Malang, (2) memahami pelaksanaan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal pada siswa kelas I Ibnu Rusyd SD Muh. 9 Malang, (3) memahami evaluasi strategi pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal pada siswa kelas I Ibnu Rusyd SD Muh. 9 Malang, (4) memahami dampak dari penggunaan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal terhadap keterampilan interpersonal siswa kelas I Ibnu Rusyd SD Muh. 9 Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pedekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, kemudian penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal pada siswa kelas I Ibnu Rusyd adalah dengan mengenali kecerdasan interpersonal siswa kemudian menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) pelaksanaan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal pada siswa kelas I Ibnu Rusyd adalah dengan melakukan apersepsi dan motifasi kemudian melakukan kegiatan pembelajaran dengan diskusi kelompok, membuat proyek bersama, tutor sebaya, dan permainan kelompok, (3) penilaian yang digunakan guru untuk kecerdasan interpersonal siswa kelas I Ibnu Rusyd adalah penilaian afektif dengan menggunakan teknik observasi/pengamatan, penilaian antar teman, dan juga pencatatan jurnal harian sikap siswa, (4) dampak penerapan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan interpersonal terhadap siswa kelas I Ibnu Rusyd adalah hampir semua siswa memiliki kemampuan bersosial baik.
ENGLISH:
Interpersonal skill is the ability to interact and communicate with fellow human beings as well as the environment. This aspect will teach the learners the importance of social relationships. Besides, human is a social being who can not live alone. Especially after completing their studies will plunge into the community, therefore learners must have sufficient supplies in socializing, it is necessary the role of teachers to develop the ability in socializing.
The purpose of this research is to: (1) understand the planning of the learning strategy based on interpersonal intelligence toward students of class I Ibnu Rusyd of Elementary School (SD) Muhammadiyah 9, (2) to understand the implementation of the learning strategy based on interpersonal intelligence toward students of class I Ibnu Rusyd of Elementary School (SD) Muhammadiyah 9, (3) to understand the evaluation of the learning strategy based on interpersonal intelligence toward students of class I Ibnu Rusyd of Elementary School (SD) Muhammadiyah 9, (4) understand the impact of the use of the learning strategy based on interpersonal intelligence toward students of class I Ibnu Rusyd of Elementary School (SD) Muhammadiyah 9.
To achieve the objectives above, it used descriptive qualitative research approach, and data collection techniques used interviews, observation, and documentation. Data were analyzed by reducing irrelevant data, presenting data, then drawing conclusions. In testing the validity of the data used triangulation technique.
The result of the research showed that (1) the teacher planning in applying the learning strategy based on interpersonal intelligence toward Students of class I Ibnu Rusyd is to recognize students' interpersonal intelligence and then to prepare the lesson plan (RPP), (2) the teacher implementation in applying the learning strategy based on interpersonal intelligence toward Students of class I Ibnu Rusyd is by doing perception and motivation and then doing learning activities with group discussions, making joint projects, peer tutors, and group games, (3) assessment used by teachers for interpersonal intelligence of the students of grade I Ibnu Rusyd is an affective assessment using observation techniques, friends assessment, as well as journal entry of students' attitudes, (4) the impact of applying the learning strategy based on interpersonal intelligence toward Students of class I Ibnu Rusyd has a good social skills of the students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Kecerdasan Interpersonal; Learning Strategy; Interpersonal Intelligence | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dellavia Azzahra Permata Putri | ||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2018 15:01 | ||||||
Last Modified: | 21 Mar 2018 15:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9633 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |