Kharismawati, Firdha Adzana (2017) Upaya guru mengembangkan kecerdasan Linguistik Verbal siswa kelas 5 dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri Siman Sekaran Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13140013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kecerdasan linguistik verbal adalah bagian kecerdasan dari sembilan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia, yang ditemukan oleh Howard Gardner, kecerdasan linguistik verbal ini melibatkan kemampuan dalam menggunakan kata secara efektif secara lisan maupun tulisan.. Tujuan mengembangkan kecerdasan linguistik yaitu agar siswa mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan baik. Maka para guru di sekolah diharapkan mampu menggali dan mengembangkan serta mengarahkan siswa sesuai dengan kecerdasan-kecerdasan yang dimilikinya, maka peluang keberhasilan siswa akan lebih besar karena guru sangat berperan penting dalam mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kecerdasan linguistic verbal siswa yang ada di kelas V SD Negeri Siman Sekaran Lamongan, (2) mendeskripsikan factor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan linguistic verbal siswa kelas V SD Negeri Siman Sekaran Lamongan, (3) mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistic verbal siswa khususnya dalam pembelaran bahasa Inggris kelas 5 SD Negeri Siman Sekaran Lamongan.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang berisi penjelasan-penjelasan mengenai data yang diperoleh dari lapangan. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kecerdasan linguistic verbal siswa kelas V SD Negeri Siman terwujud dengan adanya siswa senang bermain kata-kata (vocabulary) dalam pembelajaran bahasa Inggris. Sehingga upaya yang dilakukan guru yakni menggunakan pembelajaran model SCL (Students Centered Learning), dimana siswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran. Kecerdasan linguistic verbal siswa dapat berkembang dengan adanya berbagai faktor diantaranya adanya wadah atau tempat bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakat dalam pengembangan kecerdasan linguistic verbalnya, seperti kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan perlombaan, seperti; lomba baca puisi, pidato/pidacil dan drama pendek.
ENGLISH:
Linguistic Verbal Intelligence is the intelligence section of the nine intelligence possessed by humans, discovered by Howard Gardner, the linguistic verbal intelligence involves the ability to mastering the language well and properly. The purpose of developing the linguistic verbal intelligence is so that children are able to communicate well verbally and written. Then the teachers at the school are expected to explore and develop as well as directing students in accordance with intelligences, then the chance of student success will be greater because the teacher was very instrumental in developing intelligence.
The purpose of this study was to (1) describe the linguistic verbal intelligence students who are in class 5 SDN Siman Sekaran Lamongan, (2) describe support and restricting factor in developing linguistic verbal intelligence students of grade 5 SDN Siman Sekaran Lamongan, (3) describe how the efforts of teachers in developing students of grade 5 especially in english language learning at SDN Siman Sekaran Lamongan.
To achieve the above purpose, use descriptive qualitative research approaches that contain explanations about the data obtained from the field. The key instrument is the researchers themselves, and data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. And analyzed by reducing irrelevant data, presented data and draw conclusions.
The results showed that, linguistic verbal intelligence grade V of SD Negeri Siman materialized with the students like to play vocabulary in the English language learning. So that the efforts made teachers using learning model SCL (Student Centered Learning), where students demanded more active in learning. Linguistic verbal intelligence students could develop in the presence of a variety factors, such as the presence of a facilities and a place for students to develop their interests and talents in the development of their linguistic verbal, such as extracurricular activities and the competition activities are the competition reading poetry, speech, and short plays.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Linguistik Verbal; Upaya Guru; Pembelajaran Bahasa Inggris; Linguistic Verbal Intelligence; Efforts of Teacher; English Language Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Ikbar Romadona | ||||||
Date Deposited: | 26 Mar 2018 12:48 | ||||||
Last Modified: | 26 Mar 2018 12:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9609 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |