Qamariyah, Siti Amniyatil (2017) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas II paada materi kedudukan dan peran keluarga di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul-Ulum Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar adalah suatu akibat dari proses belajar dengan menggunakan alat pengukuran, yaitu berupa tes yang disusun secara terencana, baik tes tulis, tes lisan maupun tes perbuatan. Untuk mencapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, maka diperlukan upaya yang lebih baik guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode, dan media pembelajaran. Oleh sebab itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk penunjang guru dalam pembelajaran agar siswa lebih tertarik dalam belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran IPS berbasi multimedia interaktif pada materi kedudukan dan peran keluarga pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Miftahul-Ulum Malang, (2) Mengetahui kelayakan dari multimedia interaktif dalam pembelajaran IPS materi kedudukan dan peran keluarga pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Miftahul-Ulum Malang, (3) Mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Miftahul-Ulum Malang pada materi kedudukan dan peran keluarga.
Dalam pengembangan media ini, peneliti menggunakan model pengembangan menurut Borg & Gall yang diadopsi menjadi enam langkahyaitu: (1)penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, prosedur produk pengembangan media pembelajaran ini ditempuh melalui beberapa tahap yang pertama, tahap studi pendahuluan dengan melakukan analisis kebutuhan, kedua yaitu tahap pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif. Multimedia ini memiliki kelayakan dari para ahli (1) ahli isi mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial sebesar 75%, (2) ahli desain media sebesar 86%, dan (3) ahli pembelajaran sebesar 100%. Sedangkan pada perhitungan uji t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil thitung<ttabelyaitu 2,08 > 2,03artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Dengan demikian, pengembangan sudah dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran
ENGLISH:
Learning outcome is a result of the learning process using measurement tools, namely in the form of tests which are arranged in a planned, written test, an oral test and the action test. To achieve the appropriate learning outcomes to the learning objectives, it is necessary to attempt a better teacher in selecting and implementing strategies, methods, and learning media. Therefore there is need for the development of learning media based on interactive multimedia to support teachers in learning so that students are more interested in learning.
The purpose of this research was to: (1) Produce products of instructional media of social science (IPS) based on interactive multimedia on the position and role of the family material of Class II at Islamic Elementary School Miftahul-Ulum Malang, (2) Determine the feasibility of interactive multimedia in teaching social studies on the position and role of the family material of Class II at Islamic Elementary School Miftahul-Ulum Malang, (3) Determine the influence of learning media based on interactive multimedia to the learning outcomes on the position and role of the family material of Class II at Islamic Elementary School Miftahul-Ulum Malang.
In media this development, researcher used a model of development according to Borg & Gall that was adopted into six steps: (1) researching and gathering information, (2) planning, (3) early product development, (4) validation of products, (5) a revision products, (6) the field trial.
These results indicated that, the procedure of instructional media development productswas achieved through few stages, first, the preliminary study stage to analyze a needs, the second, the development stage of interactive multimedia learning media. Multimedia had the feasibility of experts (1) The content expert of social science subjects was75%, (2) media design expert was 86%, and (3) learning expert was 100%. While the manual calculation of t test with significance level of 0.05 was obtained result t count <t table, namely 2,08> 2,03 meant that Ho was rejected and Ha was accepted. So that there was a significant influence on the development of instructional media. Thus, the development could be said to be feasible to use in the learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Hasil Belajar; Learning Media Development; Multimedia Interactive Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Nandika Bintan Elhamah | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 11:05 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2018 11:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9607 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |