Mufidah, Nurul (2017) Penerapan konseling behavioristik dengan teknik positive reinforcement untuk mengendalikan perilaku bullying siswa kelas II MI Miftahul Ulum Plosorejo Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang secara sadar berupaya melakukan perbaikan perilaku, pengalaman dan pengetahuan para peserta didik. Agar tercapainya tujuan yang diharapkan semua kalangan, diperlukan kondisi belajar yang mendukung dan jauh dari tindak kekerasan di lingkungan sekolah. Namun pada kenyataannya saat ini masih banyak kasus-kasus kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah. Permasalahan-permasalahan bullying tersebut akan menyebabkan siswa yang menjadi korban bullying tumbuh sebagai pribadi dengan rasa percaya diri yang rendah, potensi yang tidak berkembang secara maksimal, trauma mendalam dan tidak tercapainya tujuan pendidikan di sekolah tersebut. Dari kasus tersebut siswa yang mempunyai perilaku bullying tidak boleh dibiarkan. Ketika siswa melakukan hal-hal yang bisa mengganggu temannya, maka guru tersebut harus segera melakukan penanganan agar siswa lain tidak merasa terganggu. Salah satu metode yang diyakini dapat mengurangi perilaku bullying yakni dengan menggunakan teknik positive reinforcement.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bentuk bullying yang terjadi pada siswa kelas II MI Miftahul Ulum Plosorejo Kabupaten Blitar (2) Menemukan faktor penunjang terjadinya kasus bullying pada siswa kelas II MI Miftahul Ulum Plosorejo Kabupaten Blitar (3) Menjelaskan bagaimana penerapan konseling behavioristik dengan teknik positive reinforcement untuk mengendalikan perilaku bullying yang terjadi pada siswa kelas II MI Miftahul Ulum Plosorejo Kabupaten Blitar.
Untuk mencapai tujuan di atas, maka penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian action research. Sumber data diambil dari subyek, wali kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk perilaku bullying yang terjadi di kelas II MI Miftahul Ulum Plosorejo yaitu memukul, mempermainkan barang teman, mengancam, mengolok-olok, berkata jorok, merasa tidak nyaman, ketakutan, (2) Faktor penunjang terjadinya bullying di kelas II MI Miftahul Ulum Plosorejo yaitu latar belakangi keluarga yang broken home, kurang perhatian dan kasih sayang, kekerasan dalam keluarga, lingkungan dan teman sebaya, (3) Penerapan teknik positive reinforcement dilaksanakan selama 12 hari dan jangka waktu untuk melihat respon itu muncul yaitu 5 menit, 10 menit, 15 menit, 20 menit, 25 menit, dan 30 menit. Reward diberikan ketika siswa berhasil mengumpulkan beberapa stiker. Berdasarkan pelaksanaan teknik positive reinforcement selama 12 hari di MI Miftahul Ulum Plosorejo, dapat disimpulkan bahwa teknik positive reinforcement dapat mengurangi perilaku bullying pada siswa kelas II MI Miftahul Ulum Plosorejo.
ENGLISH:
The school is one of institutions of formal education which consciously attempts to do the repair behaviour, experiences and knowledge of the learners. In order to archieve the expected goal of all circcles, learning conditions that support is needed and much of the violence in the school environment. But in fact currently there are still many cases of violence in the school environment. These bullying problems will lead to students being bullied growing up as a person with low self confidence, potential that is not developed to its full potential, deep trauma and did not achieve the goal of education in the schools. The case of students who have bullying behaviour should not be allowed. When students do things that could interfere with his friend, then the teacher should immediately do the handling so that other students do not fell disturbed. One of the methods that are believed to be able to handle bullying behavior using positive reinforcement techniques.
This research aims to (1) Describe the forms of bullying that occurs in grade two MI Miftahul Ulum Plosorejo Regency of Blitar, (2) Find support factors for the occurrence of case of bullying in the grade two MI Miftahul Ulum Plosorejo Regency of Blitar, (3) Explain how the application of counseling behavioristik with positive reinforcement technique to control bullying behavior that happens to grade two MI Miftahul Ulum Plosorejo Regency of Blitar,.
To achieve the above purposes, then this study uses qualitative research approach with the kind of action research. Source data taken from subyek, homeroom teacher and students. Data collection technique are used in the form of observation, interview, and documentation. Data analysis by means of reducing data, exposing the data and draw conclusions.
The results showed that (1) The form of bullying behavior that occur in grade two MI Miftahul Ulum Plosorejo is hitting, making goods friends, threaten, ridicule, slob said, uncomfortable, scared, (2) (2) supporting factors for the occurrence of bullying in the grade two MI Miftahul Ulum Plosorejo that is based on the family background of broken home, less attention and affection, violence in the family, the environment and peers, (3) The application of techniques of positive reinforcement is carried out for 12 days and the period of time to see the response it appears that is 5 minutes, 10 minutes, 15 minutes, 20 minutes, 25 minutes, and 30 minutes. Reward is given when students managed to collect some of the stickers. Based on the implementation techniques of positive reinforcement for 12 days in MI Miftahul Ulum Plosorejo, it can be concluded that the positive reinforcement techniques can reduce bullying behavior in the grade II MI Miftahul Ulum Plosorejo
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Widodo, Bintoro | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bullying; Positive Reinforcement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Nandika Bintan Elhamah | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 10:23 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2018 10:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9603 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |