Responsive Banner

Pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced scorecard pada pure non profit organization di Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi

Pribadi, Ardi (2017) Pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced scorecard pada pure non profit organization di Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13520041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor terpenting dalam sebuah organisasi private maupun public. Kegunaan pengukuran kinerja untuk mengetahui gambaran dari keberhasilan target yang telah ditetapkan oleh suatu organisasi. Organisasi sektor publik adalah sebuah organisasi yang menggunakan dana publik dalam menyediakan kebutuhan barang dan jasa publik. Oleh karena itu untuk mengukur kinerja suatu organisasi sektor publik diperlukan pendekatan keuangan dan pendekatan non-keuangan. Balanced scorecard tidak hanya menekankan pada aspek kuantitatif-finansial, tetapi juga pada aspek kualitatif dan nonfinansial. Penelitian ini membahas tentang pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced scorecard pada pure non profit organization. Objek penelitian di Pemerintahan Desa Tamanagung, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja Pemerintahan Desa Tamanagung berdasarkan empat perspektif dalam balanced scorecard.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan hasil dari kuesioner. Sedangkan untuk analisis data yang dilakukan dengan cara mengukur atas masing-masing perspektif yakni perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan dari hasil empat perspektif dari balanced scorecad yang meliputi persepktif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan persepektif pertumbuhan dan pembelajaran. Bahwa yang pertama pada pada perspektif keuangan menunjukkan ekonomis dan efisiensi namun tidak efektif dalam mengelolah APBDesa. Untuk perspektif pelanggan, menunjukkan bahwa masyarakat merasa puas atas pelayanan yang dilakukan oleh perangkat desa. Untuk perspektif proses bisnis internal menunjukkan bahwa,sarana yang digunakan semua dalam kondisi yang sangat baik dan proses yang diakukan sangat baik. Dan yang terakhir adalah perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan bahwa petugas desa baik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

ENGLISH:

Performance measurement is one of the most important factors in an organization private and public. Uses performance measurement to know the description of the success of the set target by an organization. Public sector organizations is an organization that used the funds public in supply the goods and services public. Hence for measuring performance an public sector organization required approach financial and approach non-financial. Balanced scorecard not only focused on aspects of quantitative and financial , but also at the aspect of qualitative and non-financial. Research discussed of the measurements performance using balanced scorecard in pure non profit organization. The object of research in the village government Tamanagung, Cluring Subdistrict, Banyuwangi Regency. The purpose of this research to know performance village government tamanagung based on four perspective in balanced scorecard

This research uses descriptive qualitative approach. Data were collected by observation, interview and result of questionnaire. While to an analysis of the data done by means of measuring each perspective namely Financial perspective, perspective customers, perspective of business process internal and perspective growth and learning.

The research results show from the four the perspective of balanced scorecard which includes financial perspective, customers perspective, internal business process perspective, and growth and learning perspective. That first on on financial perspective show economical and efficiency but not effective in managing APBDesa. For the customer's perspective, it shows that the community is satisfied with the services performed by the village apparatus. To perspective of business process internal shows that, infrastructure used all in good condition and the oprasi process is very well done. And the last is the perspective of growth and learning shows that the village apparatus both in carrying out their duties and responsibilities.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Andriani, Sri
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAndriani, SriUNSPECIFIED
Keywords: Pengukuran Kinerja; Balanced Scorecard; Performance Measurement
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Akuntansi
Depositing User: Ismail Alim Prayogi
Date Deposited: 16 Apr 2018 10:22
Last Modified: 16 Apr 2018 10:22
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9601

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item