Laili, Yuli Rohmatul (2017) Implementasi marketing mix produk pembiayaan mikro IB dalam tinjauan etika bisnis Islam pada PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Wachid Hasyim Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13540052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam kegiatan marketing khususnya perbankan, memerlukan sebuah alat pemasaran yang dikenal dengan marketing mix dengan 7P meliputi product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. Marketing dalam realitas bisnis adalah sebagai primadona jika dilakukan oleh pelaku bisnis secara tepat dan tidak bertentangan dengan ajaran dalam Islam. PT. Bank BRI Syariah KCP Wachid Hasyim Jombang memiliki produk pembiayaan mikro IB yang dipasarkan agar dapat menarik minat nasabah. Oleh karena itu perlunya kegiatan marketing yang tepat dijalankan dengan etika bisnis Islam, agar marketer dalam menjalankan kegiatan marketing tidak bertentangan dengan Etika Islam. Tujuan penelitian ini adala untuk mengetahui bagaimana implementasi marketing mix dalam memasarkan produk pembiayaan mikro IB pada PT Bank BRI Syariah KCP Wachid Hasyim Jombang dalam tinjauan etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana tujuanya adalah untuk menggambarkan secara sistematis tentang fokus penelitian yang meliputi marketing mix, etika bisnis Islam dan marketer. Data dikumpulkan dengan cara observasi, interview (wawancara), dokumentasi. Analisis data melalui teknik analisis studi kasus, yaitu dimulai dari menentukan dengan membatasi kasus, memilih fenomena, tema atau isu penelitian, memilih bentuk-bentuk data yang akan dicari dan dikumpulkan, melakukan kajian triangulasi, menentukan interpretasi-interpretasi alternatif untuk diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi marketing mix dalam memasarkan produk pembiayaan mikro yang dilakukan marketer. Untuk unsur product, price, promotion, people, process sesuai dengan etika bisnis Islam dan tidak menyalahi etika. Namun, dalam implementasi unsur place belum secara optimal sesuai dengan etika bisnis Islam. Sedangakan dalam unsur phisical evidence belum ada etika khusus yang dijalankan marketer yang menunjukkan kesesuaia dengan etika bisnis Islam.
ENGLISH:
In marketing activities, especially banking, require a marketing tool known as the marketing mix with 7P includes product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. Marketing in the realities of business is as excellent if companies do it properly and do not conflict with the teachings of Islam. PT. Bank Syariah BRI KCP Wachid Hasyim Jombang have micro-financing products marketed IB in order to attract customers. Hence the need for appropriate marketing activities carried out by the Islamic business ethics, so marketers to execute marketing activities do not conflict with Islamic ethics. This is for research purposes to find out how the implementation of the marketing mix in the marketing of micro-financing product IB At PT Bank Syariah BRI KCP Wachid Hasyim Jombang in Islamic business ethics review. This study used descriptive qualitative approach where tujuanya is to describe systematically the research focus includes the marketing mix, Islamic business ethics and marketers. Data were collected by observation, interview (interview), documentation. The data analysis through case study analysis technique, which starts from determining the limiting case, choose phenomenon, theme or issue research, choose the forms of data to be searched and collected, conduct studies triangulation, determine alternative interpretations to be investigated. The results showed that in the implementation of the marketing mix in marketing products that do marketer microfinance. For elements of product, price, promotion, people, process in accordance with Islamic business ethics and does not violate ethics. However, in the implementation of elements of an optimal place not in accordance with Islamic business ethics. While the evidence in phisical element no special ethical marketers run the show kesesuaia with Islamic business ethics.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Khusnudin, Khusnudin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Marketing mix; etika bisnis Islam; marketer; Marketing mix; Islamic business ethics; marketers | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2018 10:42 | ||||||
Last Modified: | 20 Mar 2018 10:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9592 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |