Implementasi integrated marketing communication (IMC) pada produk pembiayaan BSM cicil emas : Studi kasus PT. Bank Syariah Mandiri Tbk. Kantor Cabang Bojonegoro

Abidah, Izzah (2017) Implementasi integrated marketing communication (IMC) pada produk pembiayaan BSM cicil emas : Studi kasus PT. Bank Syariah Mandiri Tbk. Kantor Cabang Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13540010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi integrated marketing commnunication (IMC) pada salah satu produk unggulan PT. Bank Syariah Mandiri Tbk. yaitu produk pembiayaan BSM Cicil Emas. Penelitian ini mengambil studi kasus pada produk BSM Cicil Emas di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Bojonegoro. Dimana Bojonegoro sendiri merupakan kota kabupaten dengan penduduk yang sebagian besar berpenghasilan sebagai petani. Sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana cara PT. Bank Syariah Mandiri KC Bojonegoro menggunakan IMC sebagai sarana komunikasi pemasaran sebuah produk yang menawarkan salah satu instrumen investasi berupa emas batang kepada pasar yang belum begitu memahami pentingnya investasi dengan instrumen emas batangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sementara lokasi penelitian mengambil tempat di PT. Bank Syariah Mandiri Tbk. KC Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Sementara hasil penelitian menunjukkan bahwa digunakan IMC sebagai strategi komunikasi pemasaran produk pembiayaan BSM Cicil Emas. Dalam hal ini instrumen komunikasi pemasaran yang digunakan adalah iklan, promosi penjualan, penjualan personal, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung, dimana dalam praktiknya menggunakan berbagai macam alat dari masing-masing instrumen komunikasi pemasaran yang digunakan.

ENGLISH:

The purpose of this research was to determine the implementation of integrated marketing commnunication (IMC) on one of the PT. Bank Syariah Mandiri’s financing product, BSM Cicil Emas. This research took a case study on BSM Cicil Emas at PT. Bank Syariah Mandiri Branch Office Bojonegoro. Where Bojonegoro is a district with mostly of population income from agriculture field. This research aim to know how PT. Bank Syariah Mandiri KC Bojonegoro uses IMC as a marketing communication tool for a product which offering gold as investment instruments to the market that has not fully understood the importance of the product itself. This research uses qualitative research methods with case study approach. The research location takes place at PT. Bank Syariah Mandiri Tbk. KC Bojonegoro. Data collection techniques used were interviews, observation, documentation, and literature study. The results of research has been indicated that IMC is used as marketing communication strategy of BSM Cicil Emas. In this case, advertising, sales promotion, personal selling, public relations, and direct marketing are used as marketing communications instruments on IMC strategy. Which in the implementation, BSM Cicil Emas use various tools from each marketing communication instruments.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Siswanto, Siswanto
Keywords: komunikasi pemasaran; integrated marketing communication: Marketing communication; integrated marketing communication
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 11 Feb 2018 15:45
Last Modified: 11 Feb 2018 15:45
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9552

Actions (login required)

View Item View Item