Analisis kohesi dan koherensi dalam menulis terpimpin siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk

Fauziyah, Fina Anggraini (2018) Analisis kohesi dan koherensi dalam menulis terpimpin siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13140007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Keterampilan menulis karangan sederhana merupakan salah satu materi yang harus dikuasai siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III. Namun, masih banyak siswa yang belum memahami dan menerapkan bagaimana menulis dengan memperhatikan Bahasa dan ejaan yang tepat Idealnya bagi siswa yang sudah kelas III Madrasah Ibtidaiyah, siswa sudah bisa menyusun sebuah kalimat yang padu dan bermakna, Tetapi masih banyak siswa yang bingung menggunakan kata hubung yang tepat, sehingga kalimat yang dihasilkan juga menjadi tidak bermakna.

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran ketrampilan menulis terpimpin siswa kelas III di MI Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis terpimpin siswa kelas III di Madrasah Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk. (3) Untuk mendeskripsikan jenis kohesi yang digunakan siswa dalam menulis terpimpin siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk. (4) Untuk mendeskripsikan jenis koherensi yang digunakan siswa dalam menulis terpimpin siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan model Miles and Huberman yang memiliki langkah-langkah analisis data yaitu data reduction, data display, dan data conclusion: drawing, verification. Penelitian ini dilakukan di kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk dan kelas tersebut terdiri dari 24 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan pembelajaran menulis terpimpin siswa kelas III di MI Thoriqul Huda dilakukan bersama KKG, dan untuk pengembangannya disesuaikan masing-masing sekolah. (2) kemampuan menulis terpimpin siswa kelas III sudah lumayan bagus, Hal ini terlihat bahwa setelah revising terdapat beberapa siswa yang sedikit mengalami kesalahan. Kesalahan yang berupa tidak tepat dalam penempatan tanda hubung, tanda baca, alinea, dan ejaan. Jadi, siswa kelas III MI Thoriqul Huda masih diperlukan latihan lagi dalam menulis. (3) analisisis kohesi dan koherensi dalam karangan terpimpin siswa ditemukan bahwa pemakaian kohesi yang berupa pemakaian alat kohesi gramatikal yang berupa referensi dan konjungsi, dan kohesi leksikal yang berupa repetisi. Selain itu dalam karangan terpimpin siswa juga ditemukan juga beberapa kesalahan penggunaan alat kohesi yang berupa fonologi, misalnya kata “tertib” ditulis “tertip” dan kata tidak baku. (4) Ditemukan juga pemakaian koherensi yang berupa koherensi sebab akibat, waktu, penjelasan, dan koherensi perturutan. Juga ditemukan beberapa karangan siswa yang meloncat-loncat dan tidak berkesinambungan antar kalimatnya.

ENGLISH:

The skill of writing simple essay is one of the material that must be mastered by students in Indonesian Language subjects in third class. However, there are still many students who have not understood and apply how to write with attention to language and proper spelling ideally for students who are third grade Elementary School, students have been able to compile a sentence that is solid and meaningful, But there are still many students who are confused using the hyphen Right, so the resulting sentence also becomes meaningless.

The purpose of this research are: (1) To describe learning planner of guided writing skill of third grade student in Elementary School of Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk (2) To describe the implementation of guided writing learning grade III in Madrasah Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk. (3) To describe the kind of cohesion used students in guided writing grade III in Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk. (4) To describe the kind of coherence that used students in guided writing grade III in Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk.

This research includes descriptive qualitative research by using Miles and Huberman model which has data analysis steps is data reduction, data display, and data conclusion: drawing, verification. This research was conducted in third class in Elementary School of Thoriqul Huda Juwet Ngronggot Nganjuk and the class consists of 24 students.

The result of the research showed that (1) The third grade student's writing planning in Elementary School of Thoriqul Huda was done with KKG (teacher working group), and for the development was adjusted to each school. (2) The ability to write at third class student guided is prety good, it can be seen that after revising there are some students who have a little error. An incorrect error in the placement of dashes, punctuation, paragraphs, and spelling. So, third grade students Elementary School of Thoriqul Huda still needed more practice in writing. (3) Analysis of cohesion and coherence in student guided essay found that the use of cohesion in the form of the use of grammatical cohesion tool in the form of reference and conjunction, and repetition of lexical cohesion. In addition in the student guided essay also found some errors in the use of cohesion tools in the form of phonology, for example the word "orderly" written "tertip" and the word is not standard. (4) The coherence is also found in the form of causal coherence, time, explanation, and sequential coherence. Also found several student essays that jump and jump between the sentences are not continuous.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Pusposari, Luthfiya Fathi
Keywords: Kohesi; Koherensi; Menulis Terpimpin; Cohesion; Coherence; Guided Writing
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ikbar Romadona
Date Deposited: 26 Mar 2018 05:51
Last Modified: 26 Mar 2018 05:51
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9542

Actions (login required)

View Item View Item