Tusadikyah, Nurhalimah (2017) Pengelolaan perpustakaan dalam upaya peningkatan minat baca siswa di Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13140063.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa minat baca anak sekarang sangatlah minim, kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa membaca sangat membosankan dan mereka pun lebih senang bermain gadget atau menonton tv. Ini merupakan salah satu penyebab yang membuat minat baca anak menjadi sangat kurang. Bahkan kondisi sebagian besar perpustakaan sekolah dasar/madrasah di Indonesia saat ini masih jauh dari yang diharapkan. Bahkan ada sekolah yang tidak mempunyai perpustakaan. Akan tetapi pada SDN Kauman 1 Malang ini pengelolaan perpustakaan sangat baik dan menjadi sekolah rujukan bagi sekolah-sekolah dasar yang lain. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti pengelolaan perpustakaan dalam upaya meningkatkan minat baca siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk memahami pengelolaan perpustakaan yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Malang, (2) Untuk memahami peningkatan minat baca siswa di perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data kemudian menarik kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, (A) Pelaksanaan pengelolaan perpustakaan yang ada di SDN Kauman 1 Malang ini sudah sangat baik dan maksimal karena pada pengelolaannya menerapkan strategi seperti penggunaan softwere atau aplikasi Smart Library Automation, Penerapan program-program mingguan, pengadaan lomba-lomba setiap tahun, pembinaan dan evaluasi secara berkala dari perpustakaan pusat kota Malang, mengikuti pelatihan dan seminar tentang perpustakaan di luar sekolah, (2) pengelolaan pengembangan koleksi bahan pustaka buku fiksi, dan buku non fiksi, (3) pengelolaan layanan tata ruang dengan penerangan dan peraturan sirkulasi udara, penataan meja dan kursi belajar, penataan ruang kerja petugas, (4) pengelolaan peralatan dan perlengkapan perpustakaan yang bersifat habis pakai dan tahan lama, (5) pengelolaan pelayanan perpustakaan yang melayani sirkulasi peminjaman dan referensi, (6) pengelolaan klasifikasi bahan-bahan pustaka perpustakaan dengan menggunakan Dewey Decimal Classification, (B) Peningkatan minat baca siswa di perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Malang sangatlah terlihat karena pengunjung setiap harinya semakin bertambah, dan keantusiasan siswa dalam meminjam buku berupa fiksi maupun non fiksi.
ENGLISH:
This research had been motivated by the fact that the interest of reading children is low, most of them assume that reading is something bored and they prefer to play gadgets or watch TV. This is one of the causes that make the low reading interest of children. Even the condition of most of the primary / library in Indonesia is still far from being expected. There are even schools that do not have a library. However, at SDN Kauman 1 Malang, the library management is very good and has been becoming reference for other elementary schools. Therefore, researcher interested in researching the management of libraries in an effort to improve student reading interest.
The purpose of this study was to: (1) understand the management of libraries that has been conducted at Kauman Public elementary school 1 Malang, (2) understand the increase in reading interest of students in the library at Kauman Public elementary school 1 Malang.
To achieve the objectives above, it was used a qualitative research approach with the type of research used qualitative descriptive. The main instrument was the researcher, and the data collection techniques used interviews and documentation. Data were analyzed by reducing irrelevant data, exposing the data and then drawing conclusions.
The result of the research showed that (A) The implementation of library management at Kauman Public elementary school 1 Malang has been very good and maximal because in its management has applied strategies such as the use of software or Smart Library Automation application, Application of weekly programs, the procurement of competitions every year , Guidance and regular evaluation of Malang's downtown library, attending training and seminars about the libraries outside the school, (2) managing the development of library collection of fiction books and non-fiction books; (3) managing spatial services with lighting and circulation regulations (4) managing consumable and long-lasting library equipment, (5) managing library services that serve lending circulation and reference, (6) managing the classification of Library materials by using Dewey Decimal Classification, (B) The increase of reading interest of students at Kauman Public elementary school 1 Malang was too visible because the daily visitors had been increasing, and the students' enthusiasm in borrowing books of fiction and non fiction
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengelolaan; Perpustakaan; Minat Baca; Management; Library; Reading Interest | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dellavia Azzahra Permata Putri | ||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2018 15:11 | ||||||
Last Modified: | 21 Mar 2018 15:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9524 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |