Widad, Mohammad Zakkil (2015) Penggunaan media audio visual pada materi menghafal bacaan dan gerakan shalat fardlu mata pelajaran Fikih dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II B MIN Druju Sumbermanjing Wetan Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10140017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Fikih merupakan mata pelajaran yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan hukum Islam, yang kemudian menjadi dasar pandangan hidup. Tujuan pembelajaran Fikih yakni Mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media audio visual mampu meningkatkan hasil belajar serta penerapannya pada mata pelajaran Fikih. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri desa Druju kecamatan Sumbermanjing Wetan kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menganut Model Kemmis & McTaggart dengan Pra siklus, Siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan : Siswa dalam pembelajaran fikih kelas II B di MIN Druju sebelum pelaksanaan tindakan terlihat rendah. Penerapan media audio visual dalam pembelajaran fikih di Kelas II B MIN Druju berjalan dengan lancar dan adanya peningkatan hasil belajar secara keseluruhan peningkatan hasil belajar terjadi cukup baik. Hasil belajar siswa Pra Siklus dari 30 siswa, 16 siswa tuntas dengan prosentase 46,7%, kemudian siklus I 76,66% (23 tuntas), dan kemudian pada siklus II menjadi 96,66% (29 tuntas).
ABSTRACT
Jurisprudence (Fikih) is a subject that is directed to prepare learners to recognize, understand, translate, and practice the Islamic law, which become the basic view of life. The purpose of Fikih is to know and understand the principles of Islamic law in implementing the provisions of Islamic law. The purpose of this research was to determine the audio visual media that can improve learning outcomes as well as the application on the subject of Fikih. This research was conducted in Public Islamic Elementary School of Druju Village of Sumbermanjing Wetan District Malang.
This research used descriptive qualitative approach and Classroom Action Research research type (CAR) which revered to Kemmis & McTaggart Model with Pre cycle, Cycle I and Cycle II. The research results showed: Students in fikih lesson of class II B at MIN Druju before implementing the action looked like low. Applying audio visual media in fikih of Class II B of MIN Druju had been running smoothly and these were the increase of learning result as a whole and running well. The student learning outcomes results of pre-cycle of 30 students, 16 students completed with 46,7% percentage, then cycle I of 76,66% (23 completed), and then on the cycle II became 96,66% (29 completed).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Gafur, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Audia Visual; Menghafal Bacaan dan Gerakan Shalat; Meningkatkan Hasil Belajar; Audio Visual Media; Memorizing Reading and Prayer Movement; Improving Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Ikbar Romadona | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 09:24 | ||||||
Last Modified: | 08 May 2023 09:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9501 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |