Model pembelajaran lingkungan hidup pada Madrasah Adiwiyata: Studi kasus di kelas V MIN Sukosewu Gandusari Blitar

Dea, Fasha Gadisma (2017) Model pembelajaran lingkungan hidup pada Madrasah Adiwiyata: Studi kasus di kelas V MIN Sukosewu Gandusari Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13140094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dalam mengajarkan pendidikan lingkungan hidup, seorang guru harus memahami apa saja faktor yang dapat mempengaruhi efektifnya kegiatan belajar mengajar. Proses belajar mengajar tidak terlepas dari keputusan guru dalam memilih sebuah atau beberapa metode untuk mengajarkan suatu pembelajaran kepada peserta didik. Keberhasilan pembelajaran dalam pendidikan lingkungan hidup erat kaitannya dengan model yang digunakan oleh guru kepada peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) model pembelajaran lingkungan hidup di Kelas V Madrasah Adiwiyata MIN Sukosewu, (2) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran lingkungan hidup di Kelas V Madrasah Adiwiyata MIN Sukosewu, (3) dampak dari model pembelajaran lingkungan hidup di Kelas V Madrasah Adiwiyata MIN Sukosewu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang diuraikan dalam bentuk laporan atau uraian deskriptif.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran lingkungan hidup yang diterapkan di Kelas V Madrasah Adiwiyata MIN Sukosewu Gandusari Blitar adalah menggunakan beberapa model yaitu model pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kooperatif dan pembelajaran kontekstual. (2) Faktor pendukung dari pelaksanaan model pembelajaran lingkungan hidup di Kelas V Madrasah Adiwiyata MIN Sukosewu diantaranya adalah antusias siswa, lingkungan dan sarana yang mendukung, kepemimpinan Kepala Madrasah dan mitra pendukung lingkungan hidup sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa yang lambat berfikir, siswa enggan mencoba, kurangnya waktu dan ketergantungan kepada Kepala Madrasah. (3) Dampak atau hasil dari proses model pembelajaran lingkungan hidup di Kelas V Madrasah Adiwiyata MIN Sukosewu diantaranya yaitu pembatan pot panci, pot sepatu, pot hias dengan kerak telur, pot gantung hidroponik, daur ulang sampah menjadi media pembelajaran serta tempat sampah dari kaleng yang dibedakan sampah kertas, daun dan plastik.

ENGLISH:

In teaching the environmental education, a teacher has to be able to understand whatever the factors which might influence the effectiveness of the teaching and process. Teaching and learning process cannot be separated from teacher’s decision in choosing a or some methods to teach learning to the students. The success of learning in environmental education is closely related to the model used by teachers to learners.

This study aims to describe: (1) environmental learning model at V Class Madrasah Adiwiyata MIN Sukosewu, (2) supporting factor and inhibiting of environmental learning at V Class Madrasah Adiwiyata MIN Sukosewu, (3) impact of environmental learning model at V Class Madrasah Adiwiyata MIN Sukosewu.

This research uses qualitative approach with case study research design. Technique of collecting data is through interview technique, observation and documentation. This study uses descriptive analysis described in the form of reports or descriptive descriptions.

The research findings indicate that: (1) The model of environmental learning applied to V Class Madrasah Adiwiyata MIN Sukosewu Gandusari Blitar is using some model of problem based learning model and cooperative learning. (2) Supporting factors from the implementation of environmental learning model of V Class Madrasah Adiwiyata MIN Sukosewu are enthusiastic students, environment and supporting facilities, leadership of Madrasah Principals and partners of environmental support while the inhibiting factors are students who are slow to think, students are reluctant to try, lack of time and Reliance on Madrasah Principals. (3) The impact or outcome of the process of environmental learning model in V Class Madrasah Adiwiyata MIN Sukosewu such as pot pots, shoe pots, ornamental pots with egg crust, hydroponic hanging pot, recycling of trash into learning media and garbage cans which is differentiated into paper, leaf and plastic trash.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Walid, Muhammad
Keywords: Model Pembelajaran; Lingkungan Hidup; Learning Model; Environmental
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ismail Alim Prayogi
Date Deposited: 16 Apr 2018 02:19
Last Modified: 16 Apr 2018 02:19
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9500

Actions (login required)

View Item View Item