Makhfiroh, Kurnia Miftakhul (2017) Layanan bimbingan belajar anak berkebutuhan khusus di sSekolah Inklusi Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltetx)
13140089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan ialah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan meningkatkan ilmu pengetahuan,jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak kepada tujuan dancita-citanya yang paling tinggi. Berbagai sekolah didirikan untuk tempat pendidikan bagi anak, baik sekolah formal maupun sekolah non-formal tanpa memandang anak normal maupun anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutukan khusus memiliki keterbatasan yang berbeda-beda, maka strategi, metode dan pendekatan dalam membimbing disesuaikan dengan kerterbatasan yang ada pada siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan kondisi kemampuan belajar anak berkrbutuhan khusus di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Kota Malang. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Kota Malang yang dilakukan oleh guru kelas dan guru pendamping khusus. 3) Mendeskripsikan evaluasi layanan bimbingan belajaranak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Kota Malang yang dilakukan oleh guru kelas dan guru pendamping khusus.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif berupa deskriptif. Objek yang diteliti adalah siswa anak berkebutuhan khusus kleas 3 dan 4 SDN Sumbersari 2 Kota Malang. Agar memperoleh gambaran realitas sesuai fenomena yang terjadi di lapangan melalui pengumpulan data dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan metode pengumpulan data lainnya. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa: 1) Setiap anak berkebutuhan khusus memiliki ciri-ciri, keterbatasan serta kemampuan yang berbeda-beda dan masuk dalam kategori ketunaan yang berbeda pula. 2) Proses pembelajaran atau pelaksanaan pembelajaran untuk anak berketuhan khusus terjadi di dua kelas yaitu yang pertama di kelas reguler dengan guru kelas, RPP, strategi pembelajaran, metode dan materi pembelajaran yang sama dengan siswa normal lainya. Kedua di kelas inklusi bersama guru pendamping khusus secara individu, strategi pembelajaran, metode di sesuaikan dengan kemampuan setiap anak dengan penyederhanaan materi. 3) Evaluasi pembelajaran untuk anak berketuhan khusus berbeda dari anak reguler. Dimana soal evaluasi serta indikator pencapaian pemahaman anak berkebutuhan khusus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki setiap anak. Soal evaluasi yang diberikan lebih disederhanakan baik dalam segi materi, bobot kesulitan, peringkasan kata dan kalimat serta KKM yang disesuaikan dengan kemampuan dari masing-masing anak berkebutuhan khusus.
ENGLISH:
Education is a business that deliberately chosen to influence and help the children aimed at improving science, physical and moral excellence so slowly it could deliver the child to the most destinations and his aspirations high. Different schools founded for the education for children, both school formal or non-formal schools regardless of normal children as well as children in need special. Children in need special have different limitations, then the strategies, methods and approaches in Guide adapted to the limitations that exist on the student.
The purpose of this reaserach for : 1) Describe the condition of learning for disability children at SDN Sumbersari 2 Malang.2) Describe doing learning for disability children at SDN Sumbersari 2 Malang which doing by the teacher’s room and guidance teacher. 3) Describe the evaluation of service learning for disability students at SDN Sumbersari 2 Malang which doing by the teacher’s room and guidance teacher.
The research method used is descriptive qualitative approach. The object examined is students in need of special children grades 3 and 4 and SDN 2 Sumbersari Malang. In order to obtain a picture of the reality of the corresponding phenomena that occur in the field through the collection of data by leveraging themselves researchers as a key instrument. The technique of data collection was carried out through observation, interviews and other data collection methods. The data were analyzed by means of reducing data, exposing the data, and draw conclusions.
Research results in the field shows that: 1) every child in need has special characteristics, limitations and capacities and belongs to the category lack. 2) the learning process or implementation of learning for the children in need special happens in the first two classes in regular classes with the classroom teacher, RPP, learning strategies, methods and learning material that is similar to other normal students. The second class special companion along with inclusion teacher individually, learning strategies, methods in customize with each child's abilities with the simplification of the material. 3) Evaluation of learning for children in need of special different from regular children. Where the question of evaluation as well as indicators of the achievement of understanding the children in need special tailored to the capabilities of each child. The question of evaluation given more simplified both in terms of material, weight difficulties, words and sentences as well as compaction KKM tailored to the capabilities of each of the children in disability.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Ismail Alim Prayogi | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 09:18 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2018 09:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9499 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |