Firdausi, Aulia Masyitah (2017) Implementasi program Tafhimul Qur’an dengan metode Manhaji di SD Muhammadiyah As-Salam Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13140088.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Metode dalam memahami al-Qur’an atau Tafhimul al-Qur’an banyak ditemukan berbagai macamnya. Apalagi dalam memahami kitab suci al-Qur’an, dimana kitab ini penuh dengan pemikiran, gaya bahasa, metode pemahaman, sampai pada keunikan sastra dan tingkat kemukjizatannya. Kemudian muncul metode yang bertujuan untuk mendorong agar siswa mudah untuk mempelajari Al-Qur’an.Metode manhaji merupakan salahsatu metode untuk memahami al-Qur’an dan menerjemahkannya perkata. Faktanya metode ini lebih banyak digunakan dalam memahami al-Qur’an, yaitu dengan menerjemahkan perkata dan juga akan diajari memahami isi dari al-Qur’an tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan pengembangan program tafhimul qur’an di SD Muhammadiyah As-Salam Kediri, (2) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran tafhimul qur’an dengan metode manhaji yang ada di kelas VI SD Muhammadiyah As-Salam, (3) Mendeskripsikan kendala dalam implementasi pembelajaran tafhimul qur’an dengan metode manhaji di kelas VI SD Muhammadiyah As-Salam Kediri.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif yaitu mendeskripsikan suatu fenomena dalam tulisan naratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Anlisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tafhimul qur’an yang terdapat di SD Muhammadiyah As-Salam Kediri merupakan program yang mengupayakan menanamkan rasa cinta siswa pada al-Qur’an dan mampu memahami al-Qur’an, memahami kandungan yang terdapat di setiap ayatnya, sehingga mampu menjelaskan kandungan ayat.Prakteknya, pembelajaran Tafhimul Qur’an dengan metode manhaji di kelas VI SD Muhammadiyah As-Salam Kediri diklasifikan menjadi beberapa tingkatan, kelas VI sendiri berada pada tingkat dasar yang mana materi kajiannya adalah juz I mulai ayat 1 sampai dengan ayat 66. Terdapat beberapa kendala dalam menerapkan metode manhaji yaitu 1) Guru masih kesulitan dalam menguasai ilmu balaghah dan dalam penyampaiannya kesulitan memilah bahasa yang sederhana untuk dijelaskan pada siswa, 2)Siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran tafhimul qur’an pada penghafalan kosa kata baru,3) Kurangnya media dan bahan ajar atau buku yang disediakan untuk referensi pembelajaran tafhimul qur’an dengan metode manhaji, sehingga ketika dirumah siswa tidak bisa belajar secara mandiri, karena bahan ajar yang disediakan hanya untuk pegangan guru saja.
ENGLISH:
There are many kinds of methods to understand the Qur'an or Tafhimul al-Qur'an. Moreover, in understanding the holy book of the Qur'an, where the book is full of thoughts, language styles, methods of understanding, to the uniqueness o`f literature and the level of miracle. Then comes a method that aims to encourage students to easily learn the Qur'an. Manhaji method is a method to understand the Qur'an and translate each word. In fact this method is more widely used to understand the Qur'an, namely by translating the word and will also be taught to understand the contents of the Qur'an.
The purpose of this research are to: (1) Describe the program of tafhimul Qur'an in SD Muhammadiyah As-Salam Kediri, (2) Describe the implementation of learning tafhimul qur'an with manhaji method in sixth class Muhammadiyah As-Salam, (3) Describe the obstacles in the implementation of learning tafhimul qur'an with the method of manhaji in sixth class Muhammadiyah As-Salam Kediri.
To achieve purpose of research used descriptive qualitative research approach is used to describe a phenomenon in narrative writing. Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. And analyzed used by reducing irrelevant data, exposing data and drawing conclusions.
Result of research shows that Program tafhimul qur'an contained in SD Muhammadiyah As-Salam Kediri is a program that seeks to instill a sense of love in the al-Qur'an and able to understand the Qur'an, understand the content contained in each verse, so as to explain the content of Quran verse.In the implementation, Tafhimul Qur'an leaning with manhaji method in sixth class SD Muhammadiyah As-Salam Kediri is classified into several levels, sixth class is basic level where the study material is juz I start from verse 1 until verse 66. There are many obstacles to applying the manhaji method that are 1) the teacher still difficulties in mastering balaghah and in the delivery of difficulty sorting simple language to explain the students, 2) students difficult to learn of tafhimul qur'an in memorize new vocabulary, 3) lack of media and teaching materials or books provided for reference learning tafhimul qur'an with manhaji method, therefore when at home students can not learn independently, because the teaching materials are available for teacher grip only.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tafhimul Qur’an; Metode; Manhaji; Methods | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Ismail Alim Prayogi | ||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2018 13:40 | ||||||
Last Modified: | 09 Apr 2018 13:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9498 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |