Zaman, Qumarus (2017) Implementasi pendekatan Saintifik kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA kelas 4 di MIN 2 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13140053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013 yang sebagian besar terletak pada kinerja guru sebagai salah satu faktor utama dalam kegiatan belajar di kelas. Sehingga dalam melaksanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan kurikulum 2013 perlu disiapkan dengan matang. Dimana kurikulum 2013 memunculkan pendekatan saintifik yang harus diterapkan oleh guru-guru dalam pembelajaran di kelas. Sedangkan Pada kenyataaannya tidak semua guru paham betul dengan pendekatan saintifik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA di kelas 4 MIN 2 Kota Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan study kasus. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini dapat disampaikan disini, bahwasanya (1) Dalam merencanakan pembelajaran baik secara keseluruhan ataupun perencanaan untuk langkah-langkah pendekatan saintifik guru sudah melaksanakannya (2) Pelaksanaan pendekatan saintifik sudah sesuai dengan apa yang diharapakan. (3) Evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui hasil dari pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik juga sepenuhnya dilakukan. Sehubungan dengan evaluasi terhadap masing-masing langkah-langkah pendekatan saintifik pada pelaksanaan pembelajaran guru masih belum secara spesifik menilai setiap langkah. Akan tetapi guru hanya secara umum mengambil penilaian terhadap hasil belajar siswa.
ENGLISH:
Successful implementation of the curriculum in 2013 mostly located on teacher performance as one of the main factors in learning activities in the classroom. So that in performing everything related to the curriculum in 2013 need to be prepared and. Where the curriculum in 2013 led to the scientific approach which must be implemented by teachers in the classroom. Whereas in fact not all teachers understand well with a scientific approach.
The purpose of this study is to know how the planning, implementation, and evaluation The scientific approach to the curriculum in 2013 The scientific approach to the curriculum in 2013 on science teaching in grades 4 MIN 2 Malang.
To achieve the above objectives, used descriptive qualitative research approach by using a case study approach. The collection of data through observation, interviews, and documentation.
The results of this study can be addressed here, that (1) ) In planning both overall learning and planning for the steps of the scientific approach the teacher has implemented it (2) The scientific approach is in conformity with what was expected. (3) An evaluation was conducted to determine the outcome of learning by applying a scientific approach is also completely done. In connection with the evaluation of each measures scientific approach on the implementation of teacher learning is still not specifically assessing each step. However, teachers are generally take an assessment of students' learning outcomest.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Octaberlina, Like Raskova | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendekatan Saintifik; Kurikulum 2013; IPA; Scientific Approach; Curriculum 2013; Sains | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Taufik Handiadi | ||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2018 13:33 | ||||||
Last Modified: | 09 Apr 2018 13:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9495 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |