Wardani, Firda Aulia (2017) Pengaruh komputasi mental dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Klojen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13140043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Matematika merupakan mata pelajaran yang erat kaitannya dengan bilangan dan diajarkan kepada siswa untuk membekali kemampuan berpikir logis, analitis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Namun perlu terlebih dahulu menjadikan siswa untuk memiliki kepekaan terhadap bilangan (number sense), misalnya dengan komputasi mental. Komputasi mental dapat membangun dunia atau strategi siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bilangan, terutama dalam hal berhitung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui profil komputasi mental dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas V SD Negeri Klojen Malang, (2) mengetahui pengaruh komputasi mental dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Klojen Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Komputasi mental operasi penjumlahan dan pengurangan sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini mengambil 41 siswa sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah soal tes komputasi mental, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes tulis. Instrumen tes juga diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan mendeskripsikan dan membuat distribusi frekuensi untuk rumusan masalah yang pertama, sedangkan untuk rumusan masalah yang kedua dilakukan uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, dan uji t kemudian menguji hipotesis dengan bantuan program Microsoft Excel dan SPSS 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) profil komputasi mental siswa dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan terbilang kurang dan belum mencerminkan tingkat penguasaan bilangan yang memadai, (2) komputasi mental dalam menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil analisis regresi sederhana t hitung 3,082 > 2,019 t tabel dan nilai signifikannya 0,004 < 0,05, yang berarti semakin baik kemampuan komputasi mental siswa maka semakin baik pula hasil belajarnya.
ENGLISH:
Mathematics is a subject that is closely related to numbers and is taught to students to equip logical, analytical, and creative thinking and cooperative skills. But it is needd to first make the students have a sensitivity to the numbers (number sense), for example by mental computation. Mental computiation can build a world or student strategy in solving problems related to numbers, especially in terms of numeracy.
The purpose of this research was to: (1) determine the profile of mental computation in completing the operation of addition and subtraction of grade V students of Public Elementary School Klojen Malang, (2) determine the effect of mental computation in completing the addition and subtraction operation to the result of learning of the students of grade V Public Elementary School Klojen Malang.
To achieve the above objectives, a quantitative research approach with descriptive type was used. Mental computation of addition and subtraction operations as independent variables (X) and learning outcomes as dependent variable (Y). This study took 41 students as sample. The instrument used was questions of mental computation tests, and data collection techniques used were documentation and written tests. The test instrument was also tested for its validity and reliability. The data was analyzed by describing and making the frequency distribution for the first problem formulation, while for the second problem formulation it used classic assumption test, simple regression analysis, and t test then it tested the hypothesis with the aid of Microsoft Excel program and SPSS 16.0.
The results showed that, (1) the profile of mental computation of students in completing the addition and subtraction operations was fairly low and did not yet reflect adequate levels of mastery, (2) mental computation in completing the addition and subtraction operations significantly influence the result of student's learning shown by simple regression test result t calculation 3,082> 2,019 t table and significant value 0,004 <0,05, which meant the better student's mental computation ability the better the learning outcomes were.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asmaningtias, Yeni Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Komputasi Mental; Hasil Belajar; Mental Computation, Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Taufik Handiadi | ||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2018 13:17 | ||||||
Last Modified: | 09 Apr 2018 13:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9489 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |