Amalia, Ridha (2017) Hubungan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah Alma’arif 08 Singosari-Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Menurunnya hasil belajar siswa terhadap ilmu pengetahuan sosial di madrasah ibtidaiyah disebabkan siswa kurang mampu menerapkan kecerdasaan interpersonal dan kurangnya panduan guru untuk menerapkan kecerdasaan interpersonal didalam kelas.Kecerdasaan interpersonal memiliki peluang untuk mencapai hasil belajar siswa meningkat.Dapat megunakan kecerdasan interpersonalnya dalam kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana tingkat kecerdasaaninterpersonal terhadap siswa di MI Alma’arif 08 (2) Bagaimana tingkat hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa di MI Alma’arif 08 (3) Adakah hubungan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa.
Penelitian ini mengunakan kuantitatif, jenis penelitian mengunakan analisis deskripsi, sumber data mengunakan angket dan dokumentasi.Uji validitas dan reabilitas mengunakan SPSS versi 16 dengan teknik korelasi product-moment.Penelitian ini termasuk penelitian korelasional yaitu mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara hubungan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa di MI Al’maarif 08 Singosari dengan sampel seluruh siswa kelas 117 siswa, Metode pengumpulan data menggunakan angket, nilai raport UAS semester ganjil.Teknik analisis data yang digunakan adalah product moment
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan interpersonal 89% dalam kategori sedang, dan 19% dalam kategori tinggi.Sedangkan dalam tinggi hasil belajar ilmu pengetahuan siswa kategori 53% dengan jumlah 65 siswa.Bahwa rhitung dari hubungan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial di MI Almaarif 08 rtabel 0, 216 untuk N= 117 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara hubungan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa MI Alma’arif 08 singosari.
Jadi kesimpulan peneliti menemukan tidak adanya kecerdasan interpersonal yang siswa miliki atau menunjang hasil belajar akan tetapi dari kecerdasan lainnya yaitu: Kecerdaasan Mathematic logis dan Kecerdasan Spriritual. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar ilmu pengetahuan sosial di MI tersebut bukanlah kecerdasan interpersonal akan tetapi faktor hasil belajar dari luar yaitu internal maupun external dan lebih memiliki kecerdasan lain.
ENGLISH:
Student learning agains the erosion of social sciences at the elementary school, caused students less able to apply interpersonal and intelligence lack of guidance teachers to apply interpersonal intelligence in the class. Interpersonal intelligence have the opportunity to achieve increased student learning outcomes. Can wit interpersonal in the class. This research aims to describe: (1) How the level of interpersonal intelligence against students in MI Al'maarif 08 (2) How the level of learning outcomes social science students at MI Al'maarif 08 (3) is there any relationship interpersonal intelligence against the learning outcomes social science students.
This research using quantitative research analysis using type, description of the data source, use the question form and documentation. Test validity and reabilitas using the SPSS version 16 with engineering product-moment correlation. This research includes research of korelasional i.e. There is not a significant relationship between interpersonal intelligence relationship with the results of the study of social sciences students in Al'maarif MI 08 Singosari with samples of the entire grade 117 students, data collection Method using question form, the value of report cards odd semester UAS. Data analysis techniques used are product moment.
The results showed that interpersonal intelligence rate 89% in the medium category and 19% in the high category. Whereas in the high science students study results category 53% with a total of 65 students. That r count of interpersonal intelligence relationship with the results of social science study in MI Alma’arif 08 rtabel 0, 216 for N = 117 so H0 and H1 accepted rejected means that there is no significant relationship between interpersonal intelligence relationships with social science learning outcomes students MI Almaarif 08 Singosari.So the MI interpersonal intelligence is not a factor, however, the results of a study from outside, namely internal and external and more have other intelligence.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasaan Interpersonal; Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa; Interpersonal Intelligence; Learning Outcomes Social Science Student | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Taufik Handiadi | ||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2018 10:25 | ||||||
Last Modified: | 09 Apr 2018 10:25 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9437 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |