Efektifitas pengembangan bimbingan konseling terhadap minat bakat siswa di SDN Tlogomas 02 Kota Malang

Cholis, Nizar (2017) Efektifitas pengembangan bimbingan konseling terhadap minat bakat siswa di SDN Tlogomas 02 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
12140063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA:

Program bimbingan dan konseling merupakan program penunjang yang ada di sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Hal ini tertera pada UU no. 20 tahun 2003, Bab 1 pasal 1 ayat 1 yang berbunyi “pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang kekhususannya serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan. Kebanyakan orang mennggunakan pandangan lama tentang layanan bimbingan dan konseling yang menganggap bahwa layanan bimbingan dan konseling sebagai penampungan terhadap siswa yang bermasalah, maka dari itu peneliti mengangkat rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana efektifitas pelaksanaan pengembangan bimbingan dan konseling terhadap minat bakat siswa di SDN Tlogomas 02 Kota Malang (2) Bagaimana penyebab kendala layanan pengembangan bimbingan dan konseling terhadap minat bakat siswa di SDN Tlogomas 02 Kota Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjabarkan efektifitas pelaksanaan pengembangan bimbingan dan konseling terhadap minat dan bakat siswa di SDN Tlogomas 02 Kota Malang (2) menjabarkan penyebab kendala layanan pengembangan bimbingan dan konseling dengan minat bakat siswa di SDN Tlogomas 02 Kota Malang.

Penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Variabel bebas (X) pada penelitian ini adalah bimbingan dan konseling dan variabel terikatnya (Y) adalah minat bakat. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru kelas di SDN Tlogomas 02 Kota Malang sebanyak 14 orang. Alat ukur dalam penelitian ini adalah menggunakan model skala likert berjumlah 30 item. Analisis dalam penelitian ini dibantu dengan penggunaan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Teknik analisis ini menggunakan korelasi product moment pearson.

Hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik korelasi product moment pearson yang menunjukkan nilai koefisien sebesar 0,588 yang mendekati 1 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara variabel bimbingan dan konseling dengan minat bakat. Sedangkan signifikansi bimbingan dan konseling terhadap minat bakat sebesar 0,027 yang berarti bahwa H0 ditolak. Dari hasil uji yang sudah yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan bimbingan dan konseling sangat efektif untuk mengembangkan minat bakat siswa di SDN Tlogomas 02 kota Malang, sedangkan hal itu didukung dengan pemahaman guru yang memadai tentang layanan bimbingan dan konseling, pembiayaan yang memadai dari sekolah, antusias siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling di sekolah serta dukungan moril dan materil dari orang tua siswa.

ENGLISH:

Guidance and counseling programs are supporting programs in schools to achieve national education goals. It is listed on the Law no. 20 of 2003, Section 1 of Article 1, paragraph 1, which reads "educators are teaching staff who are qualified as teachers, counselors, tutors, lecturers, instructors, facilitators, and other designations in specialization and participation in education. Most people use old views of guidance and counseling services which considers that guidance and counseling services as a shelter for troublemaker students, and therefore the researcher raised the formulation of problems as follows: (1) How is the effectiveness of the development of guidance and counseling to the students' interest and talent in SDN Tlogomas 02 Malang (2) How is the cause of service constraints to the development of guidance and counseling to students' talent and interests of SDN Tlogomas 02 Malang.

This study aims to (1) describe the effectiveness of implementation of development of guidance and counseling to the interests and talents of students at SDN 02 Tlogomas Malang (2) outlines the causes of constraints development of guidance and counseling services to students' interests and talents at SDN interest Tlogomas 02 Malang.

This study used a quantitative approach with correlation type. The independent variable (X) in this study was guidance and counseling and the dependent variable (Y) were talents and interests. The subjects of study were all teachers of SDN Tlogomas 02 Malang as many as 14 people. The measurement tool used in this study was Likert scale models amount to 30 items. The analysis in this study was helped by the use of SPSS 16.0 for Windows. This analysis technique was using the Pearson product moment correlation.

The result of this study by using technique of Pearson product moment correlation showed coefficient of 0,588 which has a value close to 1 indicates that there is a close relationship between the variables of guidance and counseling with talents and interests. While the significance of guidance and counseling to the interest and talent at 0,027, which means that H0 is rejected. From the test results that has already been done, it can be concluded that the development of guidance and counseling is very effective to the development of students' talents and interests at SDN Tlogomas 02 Malang, while it is supported by adequate understanding of teachers about guidance and counseling services, adequate financing from schools, students' enthusiasm in participating on the service of guidance and counseling as well as moral and material support from parents.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Octaberlina, Like Raskova
Keywords: Bimbingan Konseling; Minat Bakat; Counseling; Interests Talent
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Taufik Handiadi
Date Deposited: 09 Apr 2018 02:54
Last Modified: 09 Apr 2018 02:54
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9436

Actions (login required)

View Item View Item