Rohmah, Anis Satur (2017) Pengembangan buku ajar berbasis PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) materi satuan waktu kelas II SDNU Bahrul Ulum Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (FullText)
12140013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan buku ajar berbasis PMRI materi satuan waktu merupakan salah satu sarana guna membantu memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Melalui buku ajar ini, siswa memperoleh pengalaman nyata dan bermakna sehingga materi pelajaran dapat diingat dan dipahami dengan baik oleh siswa. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat termotivasi dan menumbuhkan keterampilan yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. Buku ajar yang dapat mendukung proses pembelajaran adalah buku ajar berbasis PMRI, berupa buku siswa dan buku guru kelas II SD/MI. Buku ajar ini menjelaskan tentang materi satuan waktu yang disusun dengan berbagai aktivitas siswa untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan penelitian ini adalah: a) Menghasilkan buku siswa dan guru berbasis PMRI, b) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan buku ajar dengan kelas yang tidak menggunakan buku ajar berbasis PMRI. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg, W.R and Gall, M.D.
Hasil dari penelitian pengembangan buku ajar berbasis PMRI memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 90%, ahli desain mencapai 93,75%, ahli isi pembelajaran mencapai 81,25%, hasil uji coba kelompok kecil mencapai 81,66% dan hasil uji coba lapangan mencapai 82,5%. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen mencapai 84,5%, nilai rata-rata post-test kelas kontrol berada pada 74,25%. Pada uji t manual diperoleh t hitung = 3,54 dengan tingkat kemaknaan 0,05 (5%) dengan derajat kebebasan (db=19) adalah 2,09, jadi t hitung (3,54) > t tabel (2,09).
Hasil hipotesis menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel maka, dapat dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas II B SDNU Bahrul Ulum yang menggunakan buku ajar matematika berbasis PMRI materi satuan waktu dengan siswa kelas II A yang tidak menggunakan buku ajar dari produk pengembangan.
ENGLISH:
Development of textbook about Unit of Time material based on PMRI for grade 2nd SDNU Bahrul Ulum Malang is one way to facilitate students and teachers in the learning process. Through this textbook, students gain real and meaningful experience so that they can remember and understand the material well. Therefore, students are expected to be motivated and improve the skills possessed by the students themselves. Textbook that can support the learning process is a textbook based on PMRI that consists of “Student Book” and “Teacher Book” for grade 2nd SD/MI. This textbook describes about units of time material that are arranged with variety of activities for students to be applied in their life.
The purpose of this study are: a) produce “Student Book” and “Teacher Book” based on PMRI, b) knowing the difference learning outcomes between a class that uses textbook based on PMRI with class which does not use the textbook based on PMRI. Type of this research is
Reserch and Development (R&D) was adopted from Borg, W. R. and Gall, M.D Model.
The result of textbook based on PMRI feasibility test showed material feasibility of 90%, design feasibility of 93.75%, content feasibility of 81.25%, test results of small group of 81.66% and field trial results of 82.5%. The average value of post-test class experiments of 84.5%, average value of post-test control class of 74.25%. On t test manually obtained t count of 3.54 with level significance 3.54 0.05 (5%) and the degrees of freedom (db = 19) of 2.09, so t count (3.54) > t table (2.09).
The results of the hypothesis showed that t count is greater than t table. Then, it can state that Ha is accepted and Ho is rejected, so that it can be concluded that there is a significant difference to learning outcomes students grade 2nd SDNU Bahrul Ulum that use math textbook based PMRI with students which does not use textbook based on PMRI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asmaningtias, Yeni Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Buku Ajar; PMRI; Satuan Waktu; Textbook; PMRI; Unit Of Time | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Taufik Handiadi | ||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2018 09:51 | ||||||
Last Modified: | 09 Apr 2018 09:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9434 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |