Sari, Yudha Intan (2017) Peran guru IPS dalam membentuk sikap tanggung jawab pada siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130143.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Sikap tanggung jawab merupakan salah satu sikap sosial yang sangat penting ditanamkan kepada siswa sesuai dengan tujuan pedidikan yang tidak hanya mempelajari ilmu pengetahuan saja, tetapi juga membangun karakter. Sikap tanggung jawab merupakan tingkah laku seseoarang dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang harus dia lakukan terhadap diri sendiri, masyarakat dan lingkungannya. Pembentukan sikap tanggung jawab ini dapat dilakukan melalui proses pembelajaran di sekolah, salah satunya melalui mata pelajaran IPS.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui peran guru IPS dalam merancang program pembelajaran IPS yang mampu membentuk sikap tanggung jawab pada siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Malang, (2) Untuk mengetahui peran guru IPS dalam melaksanakan pembelajaran IPS yang mampu membentuk sikap tanggung jawab pada siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Malang, (3) Untuk mengetahui peran guru IPS dalam mengevaluasi pembelajaran IPS yang mampu membentuk sikap tanggung jawab pada siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Peran guru IPS kelas VII di SMP Negeri 13 Malang dalam merancang program pembelajaran IPS adalah sebagai organisator, yaitu menyusun silabus dan RPP dengan materi kehidupan masyarakat masa hindu budha dengan mendiskusikannya terlebih dahulu dengan sesama guru IPS kelas VII. Silabus disusun berdasarkan pengembangan kurikulum 2013 dan memuat aspek sikap tanggung jawab di dalamnya sedangkan RPP dikembangkan dari silabus yang ada, RPP yang digunakan guru IPS tersebut mengadaptasi kegiatan pembelajaran (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup) yang dapat menumbuhkan dan membentuk sikap tanggung jawab siswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan discovery learning. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran sebagaimana yang termuat dalam RPP, peran guru sebagai fasilitator dan pembimbing, guru IPS di SMP Negeri 13 Malang harus menerapkan metode dan model pembelajaran yang dapat membentuk sikap tanggung jawab dan sesuai dengan materi yang dibahas yaitu kehidupan masyarakat masa hindu budha. Guru IPS menggunakan model pembelajaran jigsaw dan discovery learning dimana keduanya adalah pembelajaran berkelompok. Pembentukan kelompok dimaksudkan agar mereka lebih mengenal akan sikap tanggung jawab dan menjalin kerjasama yang baik. Selain itu, guru IPS juga memberikan motivasi dan nasehat/pesan moral yang disampaikan melalui materi pada saat itu dan disesuaikan dengan sikap tanggung jawab yang ingin dicapai. (3) Peran guru IPS dalam mengevaluasi pembelajaran IPS yang dapat membentuk sikap tanggung jawab siswa yaitu sebagai evaluator dengan menilai sikap tanggung jawab siswa yang berpatokan dengan RPP pada materi kehidupan masyarakat masa hindu budha. Guru IPS di SMP Negeri 13 Malang hanya berperan untuk membantu wali kelas dalam menilai sikap dan tidak berhak untuk memberikan skor sikap termasuk sikap tanggung jawab, evaluasi dilakukan melalui observasi terhadap perilaku siswa. Observasi yang dilakukan guru IPS dapat melalui lisan, gerak badan, perbuatan, dan aktivitas peserta didik dalam kesehariannya yang dicatat dalam jurnal penilaian sikap.
ENGLISH:
Responsibility is one of the most important social attitudes to be implanted to students in accordance with educational goals that do not only learn the science, but build character. Responsibility is the behavior of a person in carrying out the duties and obligations, which must do to himself, society and the environment. The formation of this responsibility attitude can be done through the process of learning in the school, one of them is through IPS subjects.
The purposes of this study are (1) knowing the roles of IPS teachers in designing the IPS learning program that is able to shape the attitude of responsibility in the seventh grade students at SMP N 13 Malang, (2) knowing the roles of IPS teachers in implementing IPS learning that is able to shape the attitude of responsibility in the seventh grade students at SMP N 13 Malang (3) Knowing the roles of IPS teachers in evaluating the IPS learning that is able to shape the attitude of responsibility in the seventh grade students at SMP N 13 Malang.
To achieve the objectives above, it used a qualitative approach with descriptive research type, the key instrument was the researcher, and the data collection techniques used observation, interview, and documentation. Data were analyzed by reducing data, presenting data and drawing conclusions.
The results showed that, (1) The role of IPS class VII teachers at SMP N 13 Malang in designing the IPS learning program is as organisator, arranging syllabus and lesson planning (RPP) with the material of life of Hinduism and Buddhism society by discussing with IPS teacher. The syllabus was developed based on the development of the curriculum 2013 and contained the aspect of the responsibility attitude in it while the RPP was developed from the existing syllabus, the lesson that was used by the IPS teacher adapted the learning activities (introduction activities, core activities and closing activities) that can grow and shape the attitude of responsibility of the students with using jigsaw learning model and discovery learning. (2) In the implementation of learning as contained in the RPP, the role of teachers was as facilitators and mentors, social studies teachers at SMP N 13 Malang must apply methods and learning models that can shape the attitude of responsibility and in accordance with the material that is discussed the life of Hinduism and Buddhism . IPS teacher used jigsaw learning model and discovery learning. Group formation was intended to make them more familiar with the attitude of responsibility and establishing good cooperation. In addition, IPS teacher also provided motivation and advice / moral message that were delivered through the material and tailored to the attitude of responsibility. (3) The role of IPS teachers in evaluating the IPS learning that can shape the student's responsibility attitude is as an evaluator by assessing student's responsibility attitude based on RPP on the material of life of Hinduism and Buddhism societies. IPS Teacher at SMP N 13 Malang only played a role in assisting the class teacher in assessing attitudes and did not entitled to give attitude scores including the attitude of responsibility, evaluation was done through observation to the behavior of students. Observations that were conducted by IPS teacher can be done through the oral, body movement, deeds, and activities of learners in their daily life that was recorded in the assessment journal of attitudes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Guru IPS; Sikap Tanggung Jawab; The Roles of IPS; Teacher; Responsibility Attitude | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dellavia Azzahra Permata Putri | ||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2018 17:40 | ||||||
Last Modified: | 08 Mar 2018 17:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9293 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |