Lestari, Siti Wahida (2017) Pengaruh intensitas belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Wahid Hasyim Malang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130134.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Keberhasilan pembelajaran yang ditunjukan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya intensitas belajar dan kecerdasan emosional. Intensitas belajar yang siswa terapkan mempengaruhi pengetahuan dan pemahaman dari sesuatu yang telah dipelajarinya serta dengan belajar kita dapat memahami, mengingat dan mengaplikasikan pesan atau infomasi suatu materi untuk menyelesaikan masalah.yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Kecerdasan emosional mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang dalam kehidupannya. Semakin tinggi kecerdasan emosional maka kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain akan semakin baik dan secara tidak langsung akan mempengaruhi hasil belajar anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh intensitas belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Wahid Hasyim Malang Tahun Ajaran 2016/2017. Pengaruh yang ingin diketahui peneliti yaitu pengaruh variabel penelitian baik secara parsial maupun secara simultan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode angket (kuisioner). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Wahid Hasyim Malang dengan jumlah 127 siswa. analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda.
Hasil dari uji regresi linier berganda diperoleh : (1) ada pengaruh antara intensitas belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,340 atau 34,0% (2) ada pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa 0,257 atau 25,7% (3) hasil uji secara simultan antara variabel bebas terhadap variabel terikat menggunakan uji F menghasilkan nilai (Fhitung 5,318 > Ftabel 3,07 dengan tingkat signifikan sebesar 0,006). Jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dan dapat dinyatakan bahwa variabel bebas intensitas belajar dan kecerdasan emosional mempunyai pengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa baik secara parsial maupun secara simultan.
ENGLISH:
The success of learning is shown by the increase of student learning outcomes influenced by various factors such as the intensity of learning and emotional intelligence. The intensity of learning that students apply affects the knowledge and understanding of something they have learned and by learning we can understand, remember and apply messages or information of a material to solve problems that will affect student learning outcomes. Emotional intelligence influences one's attitude and behavior someone in his life. The higher emotional intelligence, the higher ability to recognize our own feelings and the feelings of others, the ability to motivate yourself, and the ability to manage emotions well to yourself and in relationships with others will be better and indirectly will affect the learning outcomes of children.
This study aims to to know the influence intensity learning and emotional intelligence on the results of learning subjects IPS Integrated VIII Class in SMP Wahid Hasyim Malang academic year 2016/2017. The influence that the researcher wants to know is the influence of research variables either partially or simultaneously.
This research is an explorative research, using the quantitative approach. Data collection method used is questionnaire method (questionnaire). The subject of this research is all students of class VIII in SMP Wahid Hasyim Malang with 127 students. Analysis of data used in this study using descriptive statistics and multiple linear regression.
The result of multiple linear regression test are: (1) there is influence between learning intensity toward student learning outcomes 0,340 or 34,0% (2) there is influence between emotional intelligence to student learning outcomes 0,257 or 25,7% (3) The results of the simultaneously between independent variables to the dependent variable using the F test produce a value (Fcount 5,318> Ftable 3.07 with significantly level of 0.006). So it can be concluded that H0 rejected and Ha accepted, and it can be stated that the independent variables of learning intensity and emotional intelligence have an influence on student learning outcomes either partially or simultaneously.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Intensitas Belajar; Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar; Learning Intensity; Emotional Intelligence; Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Dellavia Azzahra Permata Putri | ||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2018 17:36 | ||||||
Last Modified: | 08 Mar 2018 17:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9288 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |