Pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri Malang

Afni, Neli Filhi Lijulli (2017) Pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13130112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Prestasi belajar merupakan kemampuan siswa dalam menyelesaikan proses pembelajaran. Penilaian terhadap prestasi belajar memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang telah berjalan. Prestasi belajar dapat dilihat melalui skor atau nilai setelah siswa mengerjakan suatu tes atau ulangan. Prestasi belajar setiap siswa berbeda karena dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu diantaranya kecerdasan emosional dan .

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri Malang 1, (2) menjelaskan pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri Malang 1, (3) menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri Malang 1

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungandan apabila ada, berapa eratnya hubungan serta berarti atau tidak hubungan itu.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang dipersepsikan pada siswa untuk mengetahui kecerdasan emosional dan kemandirian belajar. Instrument yang juga digunakan adalah dokumen yang dipergunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji t, danuji F.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kecerdasan emosional tidak berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri Malang 1 yang ditunjukkan dengan ttabel>thitung(2,004045>-1,746). (2) kemandirian belajar tidak berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII MTs Negeri Malang 1 yang ditunjukkan dengan ttabel>thitung(2,004045>1,373). (3) kecerdasan emosional dan kemandirian belajar tidak berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII MTs Negeri Malang 1 yang ditunjukkan dengan Ftabel>Fhitung (3,164993 > 1,586 ) dengan signifikansi 0,214 (α = 0,05).

ENGLISH:

Academic achievement is the ability of students in completing the learning process. Assessment of academic achievement has a goal to know the learning process that has been running. Academic achievement can be seen through scores or values after doing a test. Academic achievement of each student is different because it is influenced by many factors, such as emotional intelligence and learning independence.

The purposes of this research are to (1) describe the influence of Emotional Intelligence toward academic achievement of social science subject of eighth grade Students at Public Islamic Junior High School (MTs N) Malang 1 (2) describe the influence of Learning Independence toward academic achievement of social science subject of eighth grade Students at Public Islamic Junior High School (MTs N) Malang 1 (3) describe the influence of Emotional Intelligence and Learning Independence toward academic achievement of social science subject of eighth grade Students at Public Islamic Junior High School (MTs N) Malang 1.

In order to achieve the objectives above, it was used quantitative research approach with correlational research type to find out the relationship of how closely and mean of the relationship. The instruments used questionnaire that were perceived to the students to know emotional intelligence and learning independence. Instruments also used a document that was used to determine student academic achievement. The analysis used multiple linear regression analysis, t test, and F test.

The research results showed that (1) emotional intelligence had no significant positive effect toward academic achievement of social science subject of eighth grade Students at Public Islamic Junior High School (MTs N) Malang 1. It was shown by t table > t count (2,004045>-1,746). (2) Learning Independence had no significant positive. It was shown by t table > t count (2,004045 > 1,373). (3) Emotional Intelligence and Learning Independence had no the significant positive effect toward academic achievement of social science subject of eighth grade Students at Public Islamic Junior High School (MTs N) Malang 1. It was shown F table > F count (3,164993 > 1,586) with significance of 0,214 (α = 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Keywords: Kecerdasan Emosional; Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar; Emotional Intelligence; Learning Independence; Academic Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Afib Rif'an Nashruddin
Date Deposited: 08 Mar 2018 10:20
Last Modified: 08 Mar 2018 10:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9284

Actions (login required)

View Item View Item