Mahmuda, Hafiana (2017) Implementasi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa di SMKN 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130056.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan dipandang sebagai jalan terobosan paling baik untuk membangun wirausaha didalam masyarakat. Dengan sistem pendidikan yang baik serta teknologi komunikasi yang cepat, multiplikasi penciptaan sumber daya manusia yang hierarki paling tinggi ini dapat dilaksanakan. Pendidikan dengan dukungan teknologi dapat mempercepat proses modernisasi pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat. Lembaga pendidikan formal maupun non formal diharapkan dapat menerapkan kurikulum kewirausahaan dalam kegiatan pembelajaran. Agar bisa menghasilkan lulusan yang mempunyai sikap wirausaha.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Malang dengan tujuan untuk mendeskripsikan bentuk, implementasi dan hasil implmentasi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif.
Bentuk kegiatan pendidikan kewirausahaan di SMKN 2 Malang dapat diinternalisasikan melalui beberapa aspek, yaitu dapat di integrasikan melalui mata pelajaran, melalui kegiatan ekstrakurikuler, melalui kegiatan-kegiatan sekolah, melalui muatan lokal, dan melalui buku atau bahan ajar. Implementasi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap siswa di SMKN 2 adalah dengan langsung terjun dalam bisnis yang mana dinilai sebagai metode paling tepat dalam menumbuhkan sikap wirausaha pada siswa.
Hasil implementasi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap wirausaha Di SMKN 2 Malang Adalah bahwa produk hasil dari mata kewirausahaan tidak hanya diproduksi sendiri, tetapi terbuka untuk masyarakat.
ABSTRACT
Education is seen as the best breakthrough way to build entrepreneurship in society. With a good educational system and fast communications technology, the highest hierarchy of human resources can be implemented. Education with technological support can accelerate the process of individual modernization, family and community level. Formal and non formal education institutions are expected to apply the entrepreneurship curriculum in learning activities in order to produce the graduates who have an entrepreneurial attitude.
This research was conducted in SMKN 2 Malang and the purpose was to describe the form, implementation and result implementation of entrepreneurship education in shaping entrepreneur attitude to students. This research used qualitative research with using descriptive research type.
The form of entrepreneurship education activities in SMKN 2 Malang could be internalized through several aspects, which can be integrated through subjects, extracurricular activities, school activities, local content, and through books or teaching materials. Implementation of entrepreneurship education in shaping student attitudes at SMKN 2 was in the field directly which was considered as the most appropriate method in growing entrepreneurial attitudes on the students.
The results of the implementation of entrepreneurship education in shaping entrepreneurial attitudes At SMKN 2 Malang was that the product results from the entrepreneurship subject din not produced only, but it was opened to the societies.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni'matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendidikan kewirausahaan; sikap wirausaha; entrepreneurship education; entrepreneurial attitude | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2018 17:17 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2023 14:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9283 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |