Hidayah, Luluk (2017) Integrasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS terpadu dalam mengamalkan nilai-nilai moral siswa kelas VII di MTsN Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12130135.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan karakter diyakini sebagai aspek penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Pendidikan karakter adalah upaya yang disengaja untuk membantu memahami manusia, peduli atas nilai-nilai etis atau susila seseorang. Pendidikan karakter merupakan salah satu fokus tujuan pendidikan di Indonesia.Pentingnya pendidikan karakter dikarenakan semakin menurunnya etika moral, prilaku peserta didik dan semakin maraknya kenakalan pelajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendeskripsikan strategi pembentukan karakter yang dilakukan guru dalam mengintegrasikan pendidikan Karakter pada pembelajaran IPS siswa kelas VII di MTsN Kota Probolinggo. 2) Untuk mendeskripsikan integrasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS dalam mengamalkan nilai moral siswa kelas VII di MTsN Kota Probolinggo.
Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan observasi dilapangan, peneliti berperan sebagai pengamat. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data yang tertulis atau lisan dari narasumber dan prilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis menggambarkan hal yang menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis menyimpulkan, 1) Strategi pembentukan karakter yang dilakukan guru dalam mengintegrasikan pendidikan Karakter pada pembelajaran IPS yaitu melalui keteladananan, kedisiplinan, kebiasaan dan suasana kelas yang kondusif. 2) Proses integrasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS dilakukan guru dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Proses perencanaan berupa program sekolah yang kemudian diadopsi ke dalam pembelajaran seperti yang terdapat pada KI dan KD yang dinalisa karakter yang akan diajarkan pada siswa. Metode yang berpengaruh dalam keaktifan siswa dengan menggunakan metode berbasis masalah, model diskusi, presentasi, dan Tanya jawab kemudian dalam proses evaluasi diperoleh penilaian yang di antaranya sikap, pengetahuan dan psikomotorik,
ENGLISH:
Character of education is believed to be an important aspect in improving the quality of human resources (SDM). Character of education is a deliberate effort to help understand the human, caring over the values of ethical or moral person. That is focus on educational objectives in Indonesia. The importance of character education due to increasingly declining moral, ethic behavior of learners and the rise of student misbehavior.
The purpose of this study is: 1) to describe the strategy of character formation to committed the teachers in integrating character of education on learning of Social Science on VII grade of MTsN, Probolinggo. 2) to describe the integration of character education at IPS in learning to practice moral values of student on VII grade of MTsN, Probolinggo.
This study used descriptive qualitative method. In the collecting the data, the researcher uses observing, interviewing and documenting. In observing, the researcher becomes an observer. Meanwhile in analyzing, the researcher uses descriptive qualitative. That is the data that written or spoken by informant, so that the researcher describes all about the real situation.
Based on the result of the study are, 1) strategy formation of character committed the teachers in integrating character of education on the IPS through example learning, discipline, habit and a conducive atmosphere of the class. 2) process integration of character on IPS learning did by teacher starts from planning of process, implementation, and evaluation. The planning of process in the form of school and then adopted the learning programs like contained on KI and KD which is analyzed in the character that will be taught in students. The methods those are influential in the liveliness of the students by using the method of problem-based, model discussion, presentations, asking, and answering. Then, in the process of evaluation is obtained assessments of value which are among attitudes, knowledge and psychomotor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Integrasi Pendidikan Karakter; Pembelajaran IPS; Nilai-Nilai Moral | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2018 17:15 | ||||||
Last Modified: | 08 Mar 2018 17:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9281 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |