Istiwasi’aturrohmi, Istiwasi’aturrohmi (2017) Pengaruh lingkungan pendidikan terhadap minat belajar IPS siswa kelas X MA Al-Maarif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130113.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Minat belajar adalah ketertarikan atau kesenangan pada suatu pelajaran sehingga dapat menimbulkan perubahan perilaku pada diri siswa yang relatif tetap untuk lebih memperhatikan dan mengingat secara terus menerus yang diikuti rasa senang untuk memperoleh suatu kepuasan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Minat belajar tidak dibawah sejak lahir melainkan akan tumbuh kemudian yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi minat belajar yaitu lingkungan. Untuk itu dalam menumbuhkan minat belajar maka dibutuhkan lingkungan yang mendukung dan lingkungan yang baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar IPS siswa kelas X MA AL-Maarif Singosari Malang, (2) menjelaskan pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar IPS siswa kelas X MA AL-Maarif Singosari Malang, (3) menjelaskan pengaruh lingkungan masyarakat terhadap minat belajar IPS siswa kelas X MA AL-Maarif Singosari Malang, (4) menjelaskan pengaruh lingkungan pendidikan (lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat) terhadap minat belajar IPS siswa kelas X MA AL-Maarif Singosari Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi yaitu penelitian yang melibatkan pengaruh satu atau dua variabel dengan satu atau lebih variabel yang lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket atau kuisoner yang dibagikan kepada responden yang menjadi sampel penelitian. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Analisis ini digunakan karena dalam penelitian menggunakan tiga variabel independen dan satu variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap minat belajar IPS siswa X MA Al-Maarif Singosari, (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap minat belajar IPS siswa X MA Al-Maarif Singosari, (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan masyarakat terhadap minat belajar IPS siswa X MA Al-Maarif Singosari, (4) secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap minat belajar IPS siswa kelas X MA Al-Maarif Singosari.
ENGLISH:
Interest in learning is an interest or pleasure in a lesson so that it can lead to changes in behavior in students who are relatively fixed to pay more attention and remember continuously followed the pleasure to gain a satisfaction in achieving learning objectives. Interest in learning is not below since birth but would grow later that is influenced by internal and external factors. One of the external factors that influence a interest of learning is the environment. For that in growing interest in learning then needed a supportive environment and a good environment.
The Object purpose for: (1) explain the influence of family environment on the grade interest learning of IPS students class X MA AL-Maarif Singosari Malang, (2) explain an influence of school environment on learning interest grade of IPS student class of X MA AL-Maarif Singosari Malang, , (3)explain an influence of school environment on learning an interest grade of IPS student class of X MA AL-Maarif Singosari Malang, , (4) explain the influence of education environment (family environment, school environment, and people environment) on an interest grade of IPS student learning X MA AL-Maarif Singosari Malang.
To achieve an above objectives, a quantitative research approach with a type of correlation research is a study involving an influence of one or two variables with one or more other variables. Data collection techniques used in this essay to use questionnaires or questionnaires that are distributed to the respondents who become sample research. Then the data obtained were analyzed using multiple linear regression analysis. This analysis has used because the research used three independent variables and one independent variable.
The result of research it (1) there is a significant positive influence between family environment on learning interest of Social Sciences students X MA Al-Maarif Singosari, (2) there is a significant positive influence between school environment on learning interest of Social Sciences students X MA Al-Maarif Singosari, (3) there is a significant positive influence between the community environment on interest of learning Social Science students X MA Al-Maarif Singosari, (4) simultaneously there is a significant influence between the family environment, school environment and community environment of interest Learning Social Sciences grade X students MA Al-Maarif Singosari
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Lingkungan Pendidikan; Minat Belajar; Education Environment; Interest Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Yuli Trisnawati | ||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2018 17:14 | ||||||
Last Modified: | 08 Mar 2018 17:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9280 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |