Rosyadi, Mohammad Imron (2017) Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas guru IPS dalam mengajar di MA Miftahul Falah Capang Purwodadi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltex)
11130090.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kegiatan pembelajaran adalah suatu proses kegiatan pendidikan yang bertujuan, terencana dan dengan materi yang jelas. Keberhasilan pendidikan merupakan tujuan dan cita-cita pembangunan bangsa yang merupakan modal dasar untuk membangun dan membina kemajuan suatu bangsa dalam segala segi kehidupan dan sekaligus dapat di manfaatkan untuk memprediksi masa suatu bangsa. Pencapaian kualitas dan peran guru sangatlah penting bagi perkembangan anak didik. Kualitas proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh kualitas kinerja guru, oleh karena itu usaha meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar perlu secara terus menerus mendapatkan perhatian dari penanggung jawab sistem pendidikan. Untuk membina dan meningkatkan kualitas tenaga pengajar dalam proses belajar mengajar merupakan tugas dan tanggung jawab kepala sekolah/madrasah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis dan memahami sikap kepala madrasah memimpin MA Miftahul Falah Capang Purwodadi dalam rangka untuk meningkatkan kualitas guru mengajar, (2) Menganalisis dan memahami upaya peningkatan kualitas guru dalam mengajar di MA Miftahul Falah Capang Purwodadi Pasuruan, (3) Menganalisis dan memahami faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah meningkatkan kualitas guru dalam mengajar di MA Miftahul Falah Capang Purwodadi Pasuruan.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif kualitatif. Instrument kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis dengan melakukan data reduction (reduksi data) langkah ini berarti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari pola dan temanya serta membuang hal yang tidak perlu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kepala Madrasah Aliyah Miftahul Falah Capang memiliki sikap tanggung jawab, disiplin dan memiliki perilaku dan kepribadian baik dalam memimpin, (2) Upaya yang dilakukan kepala Madrasah untuk meningkatkan kualitas mengajar guru dengan memberikan pendidikan dan penghargaan kepada guru, upaya selanjutnya sebagai kepala madrasah memsupervisori guru untuk menyiapkan bahan ajar dan metode dalam mengajar IPS. Metode yang ditekankan kepala madrasah kepada guru IPS untuk diterapkan di kelas yaitu dengan metode pendekatan Pictorial Riddle. Uapaya kepala madrasah selanjutnya yaitu memperkuat pendidikan karakter islami bagi guru IPS dalam menerapkan di sekolah maupun di masyarakat (3) faktor pendukung dalam upaya kepala madrasah madrasah meningkatkan kualitas guru adalah kurikulum, peranan guru dan peran murid yang menjadi potensi dalam kelas yang dimanfaatkan guru, untuk faktor penghambatnya adalah ada beberapa peserta didik yang kesulitan mengikuti pembelajaran, dan keterbatasan waktu dan tempat dikarenakan dalam proses pembangunan di madrasah.
ABSTRACT
Learning activities are a process of educational activities that aim, planned and with clear plan. The success of education is the goal and ideals of nation building which is the basic capital to build and nurture the progress of a nation in all aspects of life and at the same time can be utilized to predict the time of a nation. Achieving the quality and role of teachers is very important for the development of students. The quality of the teaching and learning process is strongly influenced by the quality of teacher performance, therefore efforts to improve the ability of teachers to implement the teaching and learning process need to continuously get the attention of the responsible education system. To foster and improve the quality of teaching staff in teaching and learning process is the duty and responsibility of the principal / madrasah.
The purpose of this research is to: (1) Analyze and understand the attitude of headmaster of madrasah to lead MA Miftahul Falah Capang Purwodadi in order to improve the quality of teaching teachers, (2) To analyze and understand the effort of improving teacher quality in teaching at MA Miftahul Falah Capang Purwodadi Pasuruan, 3) To analyze and understand the supporting factors and obstacles of the principal's efforts to improve the quality of teachers in teaching at MA Miftahul Falah Capang Purwodadi Pasuruan.
To achieve those objectives, a qualitative research approach with qualitative descriptive research is used. The key instrument is the researcher himself, and the data collection techniques used are observation, interview and documentation. Data analysis by doing data reduction (step reduction) this step means to summarize, choose the things that matter, focus on things that are important, look for patterns and themes and throw things that are not necessary.
The result of the research shows that, (1) The Headmaster of Madrasah Aliyah Miftahul Falah Capang has the attitude of responsibility, discipline and also good personality and leader personality, (2) The effort of The Headmaster is to improve the quality of teaching teacher by giving education and appreciation to the teacher, The next effort as the headmaster of the madrasah to supervise the teacher to prepare teaching materials and methods in teaching social studies. The method emphasized by the headmaster to Social Sciences (IPS) teachers to be applied in the class is by Pictorial Riddle approach method. The Headmaster next effort is to strengthen the education of Islamic character for the teachers of Social Sciences (IPS) in applying in schools and in the community (3) supporting factors in the efforts of madrasah headmaster improve the quality of teachers is the curriculum, the role of teachers and the role of students which is becoming important in the classroom used by teachers, to The inhibiting factor is that there are some learners who have difficulty following the lesson, and the limited time and place due to the development process in madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Miftahusyai'an, Mohammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Mengajar; Kepemimpinan Kepala Madrasah; Teaching; Leadership of Madrasah Headmaster | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2018 17:05 | ||||||
Last Modified: | 05 Jul 2023 13:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9279 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |