Hendra, Hendra (2017) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI di SMA Laboratorium (Malang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13130054.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Keberhasilan suatu pembelajaran tak lepas dari peran guru sebagai seorang pendidik di lingkungan sekolah. Dalam proses pembelajarannya , guru dituntut untuk mampu memiliki kemampuan untuk memotivasi siswanya agar tercipta suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Pada pembelajaran Sosiologi yang banyak menekankan pada teori, guru harus mampu memberikan motivasi pada siswa. Tidak hanya secara teoritis, namun juga praktik di masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA LABORATORIUM Malang. (2) mendeskripsikan kendala yang di hadapi guru Sosiologi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA LABORATORIUM Malang.
Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, digunakan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMA LABORATORIUM Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan kebsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA LABORATORIUM Malang ditunjukan dengan adanya guru sebagai motivator,pengarah dan fasilitator. Bentuk-bentuk motivator yang diberikan oleh guru antara lain pemberian nilai, pemberian pujian, dan kerjasama yang baik antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran (2) Kendala yang dihadapi guru pada pembelajaran Sosiologi terdapat kendala dari faktor intern siswa seperti tingkat pemahaman dan kondisi keluarga siswa sedangkan faktor ekstern siswa yaitu pengaruh pergaulan siswa.
ENGLISH:
The success of a learning can not be separated from the role of teachers as an educator in the school environment. In the learning process, teachers are required to be able to have the ability to motivate their students to create a fun and conducive learning atmosphere. In Sociology learning which emphasizes on theory, teachers should be able to provide motivation to students. Not only theoretically, but also practice in society.
The purpose of this study are: (1) To describe how is the role of teachers in improving students' motivation in SMA LABORATORIUM Malang. (2) To describe the obstacle faced by teacher of Sociology in improving student's motivation in SMA LABORATORIUM Malang.
To achieve the objectives of the research above, this research use qualitative research approach and the kind of research is descriptive. The research site is SMA LABORATORUIM Malang. The data collection technique are observation, interview and documentation. The validity of data use triangulation. Data was collected analyzed by reduction the irrelevant data, exposure of data and then make a conclusion.
The results of this study states that: (1) The role of teachers in improving students' motivation in SMA LABORATORIUM Malang is shown by the teacher as a motivator, director and facilitator. The forms of motivator provided by the teacher include the provision of value, praise and good cooperation between teachers and students in the learning process (2) Constraints faced by teachers on learning Sociology there are constraints of internal factors such as students' level of understanding and family condition of students, while the external factor of students is the influence of student association.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubarok, Zulfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Guru; Motivasi Belajar; The Role of Teacher; Learning Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Yuli Trisnawati | ||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2018 17:04 | ||||||
Last Modified: | 08 Mar 2018 17:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/9264 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |